5 Pemain U-20 yang Siap Guncang Sepakbola Dunia

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 12 51 2042455 5-pemain-u-20-yang-siap-guncang-sepakbola-dunia-EbS1EspKTj.jpg Callum Hodson-Odoi. (Foto: Sportskeeda)

PERHATIAN para pencinta sepakbola tak melulu tertuju kepada pemain bintang. Mereka juga kerap kali membicarakan para pemain muda yang berhasil tampil gemilang. Dengan segudang bakat yang sudah dimiliki saat usianya belum banyak, publik pun meyakini banyak pemain muda yang akan mengguncang dunia.

Karena itu, banyak pula klub papan atas dunia yang memilih mendatangkan pemain muda ketimbang pesepakbola top dunia. Tentu saja, beberapa hal melatarbelakangi keputusan ini. Selain karena memiliki karier cemerlang yang begitu panjang, mendatangkan pemain muda juga dinilai lebih mudah karena persaingan yang tak begitu ketat seperti saat ingin merekrut pesepakbola top.

Para pemain muda ini pun diyakini bisa menghadirkan keuntungan yang tak kalah besar dari pesepakbola top dunia jika mendapat penanganan yang tepat. Tercatat, ada beberapa pemain muda di bawah usia 20 tahun yang diprediksi memiliki masa depan cerah. Kali ini, Okezone pun akan membahasnya. Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Jumat (12/4/2019), berikut lima pemain U-20 yang siap mengguncang sepakbola dunia.

5. Alphonso Davies

Nama pertama ada gelandang muda berpaspor Kanada, Alphonso Davies. Di usianya yang baru 18 tahun, ia telah mendapat kesempatan untuk memperkuat salah satu tim besar asal Jerman, Bayern Munich. Bakat yang gemilang tentu saja jadi alasan utama Bayern merekrut Davies.

Alphonso Davies

Davies direkrut Bayern dari klub Major League Soccer (MLS), yakni Vancouver Whitecaps pada bursa transfer musim dingin 2019. Biaya sebesar USD22 juta atau sekira Rp311 miliar mereka gelontorkan untuk mendatangkan sang pemain. Bayern berani mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk Davies karena sang pemain berhasil menunjukkan betapa berbakat dirinya.

Davies melakukan debut di tim pertamanya, yakni Vancouver, pada 2016. Dia merupakan pemain termuda di MLS saat itu. Tetapi, ia telah bermain di total 81 laga dan mencetak 12 gol serta 14 assist. Dengan catatan tersebut, ia pun masuk ke tim reguler sejak 2017. Ia banyak mendapatkan penghargaan berkat bakatnya yang gemilang. Dengan kondisi ini, Davies pun dipastikan bisa menjadi pemain bintang pada tahun-tahun mendatang.

4. Joao Felix

Selanjutnya, ada nama penyerang muda Benfica, Joao Felix. Pemain berusia 19 tahun ini bermain sebagai striker kedua dan telah diintegrasikan ke tim utama Benfica pada awal musim ini. Felix pun berhasil tampil luar biasa dengan mencatatkan total 12 gol dan enam assist dari 35 pertandingan yang dilakoninya bersama Benfica musim ini.

Joao Felix

Sebelum dipromosikan ke tim utama, Felix juga tampil mengesankan untuk tim Benfica B. Tetapi, tidak ada yang mengira dia akan begitu bagus di musim pertamanya bersama tim utama. Dengan kegemilangan tersebut, pemain berpaspor Portugal itu pun terus dikaitkan dengan klub-klub papan atas, seperti Real Madrid, Manchester City, dan Manchester United.

Ketertarikan ini muncul karena Felix dianggap sebagai pemain multitalenta. Ia dinilai memiliki kemampuan yang luar biasa dalam finishing, dribbling, passing, hingga shooting. Dengan kondisi ini, Felix pun bisa menjadi pemain yang begitu menguntungkan tim karena usianya yang masih sangat muda.

3. Callum Hudson-Odoi

Penyerang Chelsea, Callum Hudson-Odoi, juga diyakini bakal mampu menggebrak sepakbola dunia. Bakat gemilang yang dimilikinya dalam mengolah si kulit bundar membuat para penggemar Chelsea selalu bersemangat untuk menonton Hudson-Odoi bermain. Hudson-Odoi dinilai tak pernah menyia-nyiakan setiap kesempatan yang didapat sehingga di usianya yang baru 18 tahun, ia sudah mampu memberi kontribusi yang cukup besar ke Chelsea.

Callum Hudson-Odoi

Pemain Tim Nasional (Timnas) Inggris ini telah mencetak lima gol dan lima assist untuk Chelsea dalam 25 pertandingan yang dilakoninya di berbagai kompetisi. Hudson-Odoi sendiri sempat hampir meninggalkan skuad The Blues –julukan Chelsea– pada bursa transfer musim dingin 2019. Beruntung, pihak Chelsea bisa membujuknya sehingga kini masih bertahan di tim.

Tetapi, Hudson-Odoi tentu saja membutuhkan banyak waktu bermain. Jika hal ini tak bisa didapatkannya, bukan tak mungkin Hudson-Odoi yang dinilai menjadi salah satu prospek paling cemerlang di sepakbola dunia ini bakal hengkang dari Stamford Bridge.

2. Moise Kean

Di posisi kedua, ada nama penggawa muda Juventus, Moise Kean. Ia berhasil menunjukkan kemajuan yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kean melakukan debutnya di Juventus pada 2016 dan telah menjadi tim reguler pada musim ini. Ia telah memastikan peluangnya. Pemain berusia 19 tahun ini telah membuat hanya 10 penampilan sejauh musim ini dan berhasil mencetak enam di mana lima di antaranya terjadi di lima pertandingan terakhir.

Moise Kean

Kean telah menjadi pemain pertama yang lahir pada 2000-an yang debut di Liga Italia, Liga Champions, lima liga utama Eropa, dan untuk Timnas Italia. Dengan kegemilangan ini, masa depan penyerang berusia 19 tahun itu di Juventus pun diyakini bakal cemerlang. Apalagi, Mario Mandzukic kini semakin mendekati akhir kariernya.

Juventus pun dinilai telah menemukan pengganti yang sempurna, yakni Moise Kean. Pemain asal Kroasia itu telah menjadi bagian integral dari tim Juventus selama empat tahun terakhir. Dengan terus belajar dengan Mandzukic, Kean bisa menjadi semakin lebih baik dan lebih baik lagi.

1. Jadon Sancho

Terakhir, ada gelandang muda Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Ia telah mendapat pengakuan di seluruh dunia dengan cara bermainnya yang begitu fantastis di Borussia Dortmund sejauh musim ini. Pemain Timnas Inggris ini telah mencatatkan 16 assist sejauh ini. Torehan tersebut sejauh ini menjadi yang terbanyak di Liga Jerman musim ini.

Jadon Sancho

Secara keseluruhan, mantan pemain Manchester City ini telah bermain di 49 laga bersama Dortmund dan telah mencetak 10 gol serta 16 assist. Dengan catatan ini, ia pun dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia. Kemampuan Sancho pun dinilai masih bisa terus berkembang.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa dihadirkan dalam diri Sancho yang masih muda, kini banyak klub top, termasuk Man United yang mengincar pemain sayap Dortmund itu. Dortmund tetapi diyakini tidak akan melepas talenta mudanya itu.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini