nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ferguson dan Eks Petinggi Man United Masih Tak Percaya Lihat Perkembangan Ronaldo

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 16:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 11 51 2042056 ferguson-dan-eks-petinggi-man-united-masih-tak-percaya-lihat-perkembangan-ronaldo-FjtnPYebUK.jpg Ronaldo saat menjalani debut bersama Man United pada 2003. (Foto: GiveMeSport)

MANCHESTER – Eks presiden Manchester United, Martin Edwards, hingga kini masih belum percaya melihat Cristiano Ronaldo berada di level tertinggi sebagai pesepakbola. Bahkan dalam pengakuan pria yang menjabat sebagai presiden Man United dalam kurun 1980-2002 itu, pelatih sekelas Sir Alex Ferguson pun tidak menyangka melihat perkembangan Ronaldo.

Ronaldo diboyong Man United dari Sporting Lisbon pada musim panas 2003. Saat itu, manajemen Man United berani mengeluarkan uang 19 juta euro (Rp303 miliar) untuk mengangkut remaja berusia 18 tahun.

Cristiano Ronaldo

Pesona Ronaldo sebenarnya tidak hanya menarik perhatian Man United. Klub-klub teras Eropa seperti Arsenal, Liverpool dan Juventus juga menaruh minat kepada winger lincah tersebut. Akan tetapi, Man United berhasil menarik hati Ronaldo dan Sporting Lisbon.

BACA JUGA: Mantan Presiden Man United: Ronaldo Lebih Egois ketimbang Messi

Selain berani menebus nominal yang diminta Sporting, Ferguson yang saat itu berstatus sebagai pelatih Man United menjanjikan nomor punggung 7 kepada Ronaldo. Sekadar diketahui, 7 merupakan nomor keramat di Man United yang sempat dikenakan pemain-pemain beken macam Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham.

Setelah mencetak enam gol dan 9 assist di musim pertama (2003-2004) membela Man United, Ronaldo terus mengalami perkembangan di setiap musimnya. Hingga akhirnya Ronaldo memecahkan rekor transfer dunia saat diboyong Real Madrid pada musim panas 2009 seharga 94 juta euro (Rp1,5 triliun).

Cristiano Ronaldo

Hingga kini membela Juventus, Ronaldo tercatat telah mengoleksi lima trofi Liga Champions, satu Piala Eropa dan segudang gelar domestik. Sementara di level individu, Ronaldo mengemas lima trofi Ballon d’Or dan itu merupakan yang terbanyak, bersanding bersama Lionel Messi.

“Saya melihatnya pertama kali ketika usianya masih 18 tahun, tepatnya saat Man United menghadapi Bolton pada Agustus 2003. Saya kagum dengan trik yang dimiliki. Saat itu, saya menjulukinya pakar trik, yang mana ia kerap menampilkan aksi-aksi luar biasa. Melihat perkembangannya, saya sama sekali tidak pernah membayangkannya, bahkan Ferguson sekalipun,” kata Edwards mengutip dari Calciomercato, Kamis (11/4/2019).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini