nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkat Peringkat FIFA, Timnas Indonesia Langsung Tampil di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 04:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 05 51 2039281 berkat-peringkat-fifa-timnas-indonesia-langsung-tampil-di-putaran-kedua-kualifikasi-piala-dunia-2022-iiyIIoTbeD.jpg Skuad Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) baru saja merilis daftar peringkat terbaru pada Kamis 4 April 2019 lalu. Peringkat tersebut jelas sangat berarti untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia lantaran menjadi acuan untuk pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dari daftar peringkat terbaru FIFA itu, Timnas Indonesia dipastikan menempati urutan ke-159 atau di posisi 32 untuk zona Asia. Posisi Timnas Indonesia tersebut jelas tak berubah dari rilisan FIFA pada 7 Februari 2019 yang lalu. Namun meski tak naik peringkat, Timnas Indonesia tetap harus bersyukur karena tidak turun.

Baca Juga: Penyerang Naturalisasi Ini Sebut Bepe dan Boaz Belum Tergantikan di Timnas

Pasalnya dengan tetap menempati posisi ke-32 kawasan Asia, maka Garuda –julukan Timnas Indonesia– bakal langsung tampil di putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut. Dengan berada di posisi 32, maka Timnas Indonesia masuk ke dalam tim 34 besar Asia.

Nantinya pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia bakal berlangsung di Kuala Lumpur, pada 17 April 2019 mendatang. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Timnas Indonesia tak perlu untuk masuk undian babak pertama selayaknya Malaysia, Kamboja, Brunei Darussalam, dan beberapa timnas lainnya yang berada di urutan 34 besar Asia.

Jadi Timnas Indonesia langsung masuk ke pengundian putaran kedua kualifikasi Zona Asia. Di putaran kedua itu pun 40 tim (34 tim awal+6 pemenang putaran pertama) akan bersaing dalam format grup, yang mana terbagi menjadi delapan grup. Putaran kedua pun bakal berlangsung mulai 5 September 2019 hingga 9 Juni 2020.

Dari persaingan putaran kedua tersebut, maka akan terpilih delapan pemenang dari masing-masing grup dan ditambah empat runner-up terbaik untuk kembali bersaing di putaran ketiga kualifikasi zona Asia. Tak hanya kembali bersaing di putaran ketiga, namun 12 tim itu pun dipastikan langsung memiliki tiket putaran final Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sudah meggabungkan Kualifikasi Piala Dunia dengan Piala Asia semenjak edisi 2018 silam. Karena itu, jika Timnas Indonesia bisa lolos dari putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, maka tim asuhan Simon McMenemy itu bisa langsung tampil di Piala Asia 2023. Peluang Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia pun kini semakin besar.

Putaran pertama:

Malaysia, Kamboja, Makau, Laos, Bhutan, Mongolia, Bangladesh, Guam, Brunei, Timor Leste, Pakistan, Sri Lanka.

Putaran Kedua:

Timnas Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Tiongkok, Irak, Suriah, Uzbekistan, Lebanon, Oman, Kyrgyzstan, Yordania, Vietnam, Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Filipina, Cina Taipei, Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Kuwait, Singapura, Nepal. (rnr)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini