Share

5 Pemain yang Sering Gonta-Ganti Klub Eropa, Nomor 1 hingga 8 Kali

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 25 51 2034590 5-pemain-yang-sering-gonta-ganti-klub-eropa-nomor-1-hingga-8-kali-FtIRosrqUo.jpg Zlatan Ibrahimovic saat masih membela AC Milan. (Foto: AFP)

DALAM dunia sepakbola, sebuah loyalitas memang menjadi suatu hal yang penting. Pasalnya pemain yang memiliki loyalitas tinggi pasti bakal rela setia meski klub yang dibelanya sedang mengalami keterpurukan.

Sebut saja seperti Ryan Giggs yang tetap setia berseragam Manchester United hingga pensiun, serta legenda AS Roma, Francesco Totti, yang tetap membela Tim Serigala Ibu Kota walaupun klubnya sulit untuk meraih gelar juara.

Akan tetapi tak semua pemain seperti Totti dan Giggs, ada juga pesepakbola yang justru kerap kali berganti tim hanya untuk mencari tantangan baru. Terkadang malahan tak hanya satu atau dua kali saja pemain tersebut berganti tim, namun lebih banyak lagi. Kira-kira siapa saja pemain yang sering gonta-ganti klub di Eropa tersebut?

Berikut lima pemain yang sering gonta-ganti klub Eropa, mengutip dari Sportskeeda:

5. Samuel Eto’o (7 Kali Ganti Klub Eropa)


Etoo merupakan salah satu penyerang tajam di masanya. Karena kehebatannya tersebut, maka wajar saja bila pemain asal Kamerun itu diincar oleh banyak klub papan atas Eropa. Namun klub Eropa yang pertama kali menggunakan jasa Etoo adalah Real Madrid.

Madrid bisa dikatakan menjadi awal mula karier indah Etoo di sepakbola Eropa. Setelah dari Madrid, Etoo pun pindah ke RCD Mallorca hingga pada akhirnya bermain di Barcelona. Di Barcelona pun menjadi puncak kariernya Etoo kala itu karena mampu meraih berbagai gelar di sana.

Setelah dari Barcelona, Etoo melanjutkan kariernya di Inter Milan dari 2009-2010 hingga 2011-2012. Setelah itu Etoo pindah ke Anzhi, Chelsea, Everton, dan ke Sampdoria. Sampai saat ini, Etoo pun sebenarnya masih bermain. Akan tetapi ia bermain di luar Eropa, yakni Qatar SC.

4. Andy Cole (13 Kali Ganti Klub Eropa)


Andy Cole saat ini sudah resmi pensiun, namun mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Inggris itu tercatat menjadi salah satu pesepakbola yang kerap kali berganti di Liga Inggris. Terhitung ada 12 klub Inggris yang pernah merasakan kepiawaian pesepakbola kelahiran Nottingham tersebut.

Cole menjalani debutnya bersama Arsenal, namun setelah itu ia justru bergabung dengan Newcastle United selama dua musim sebelum masuk ke skuad Manchester United. Selepas itu Cole kembali bertukar seragam, dan kali ini ia pindah ke Blackburn Rovers, lalu pindah lagi ke Fulham, Manchester City, Portsmouth, dan Sunderland.

3. Rivaldo (5 Kali Ganti Klub Eropa)


Deportivo La Coruna menjadi klub Eropa pertama bagi Rivaldo. Ia bergabung dengan tim asal Spanyol itu pada musim 1996-1997 dan hanya satu tahun di sana lantaran Barcelona membelinya di musim panas 1997. Setelah dari Barcelona, Rivaldo melanjutkan kariernya bersama AC Milan.

Setelah dari Milan, Rivaldo sempat kembali bermain di Brasil, namun tak lama ia pun melanjutkan kariernya lagi di Eropa dengan bergabung bersama Olympiacos. Setelah itu pindah lagi ke AEK Athena, yang mana menjadi klub terakhir di Eropa. Pasalnya setelah bersama Athena, Rivaldi memilih untuk bermain di luar Eropa.

2. Ronaldo (5 Kali Ganti Klub Eropa)


Sama seperti Rivaldo, Ronaldo juga menjadi pemain asal Brasil yang sangat diminati banyak klub papan atas Eropa. Kepiawaiannya dalam merobek jala gawang menjadi alasan utama mengapa Ronaldo menjadi salah satu pemain yang paling diincar kala itu.

PSV Eindhoven menjadi klub Eropa pertama yang merasakan kehebatan Ronaldo. Bersama PSV Ronaldo sangat hebat, karena itu Barcelona pun kepincut dan membelinya pada musim panas 1996. Namun nyatanya Ronaldo justru hanya setahun di Barcelona dan memutuskan berlanjut membela Inter Milan.

Bersama Inter, Ronaldo tampil beringas dan membuat dirinya kembali dilirik Raksasa Spanyol. Namun klub tersebut bukanlah Barcelona, melainkan Madrid yang kepincut dengan aksi Ronaldo kala itu. Setelah cukup lama di Madrid, Ronaldo kembali lagi ke Italia dengan bergabung ke AC Milan. Milan pun menjadi klub Eropa terakhir Ronaldo karena ia memilih untuk mengakhiri kariernya di klub Brasil, Corinthians.

1. Zlatan Ibrahimovic (8 Kali Ganti Klub Eropa)


Untuk Ibrahimovic, tampaknya bisa dikatakan berbeda dengan dengan daftar nama pemain sebelumnya. Seperti Andy Cole mungkin berganti klub 13 kali di Liga Inggris, namun hanya sebagian besar yang bisa dikatakan tim papan atas.

Sementara Ibrahimovic, hampir semua yang ia bela merupakan tim papan atas Eropa. Mungkin hanya Malmo yang bermain di Liga Swedia yang bisa dikatakan tak terlalu besar. Selain itu, semuanya adalah klub papan atas Eropa.

Seperti Ibrahimovic pernah merasakan memakai seragam Ajax Amsterdam di Belanda, lalu Juventus, Inter Milan, dan AC Milan, di Liga Italia, kemudian di Liga Spanyol bersama Barcelona, dan dua sisanya bergabung dengan Paris Saint-Germain, serta Manchester United.

Nama-nama klub tersebut tentu adalah tim besar dari masing-masing liga. Jadi Ibrahimovic bisa dikatakan cukup sensasional. Akan tetapi kini pemain asal Swedia itu memilih untuk meneruskan karier sepakbolanya di luar Eropa, yakni dengan bermain di Liga Amerika Serikat, bersama dengan LA Galaxy.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini