nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepak Terjang Alexis Sanchez di Dunia Sepakbola

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 13:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 15 51 2030589 sepak-terjang-alexis-sanchez-di-dunia-sepakbola-U93W20l4Ug.jpg Sanchez (kiri) saat membela Barcelona. (Foto: REUTERS)

ALEXIS Sanchez menorehkan karier yang begitu gemilang di dunia sepakbola. Kesuksesan ini tentu saja tak diraih Sanchez hanya dengan sekejap mata. Pemain asal Cile itu harus jatuh bangun berkali-kali untuk bisa berada di titik saat ini.

Perjalanan karier Sanchez di dunia sepakbola memang tak berjalan mulus. Ia memulainya dengan masuk salah satu akademi sepakbola di Kota Tocopilla bernama Club Arauco. Saat dimasukkan sang paman, Jose Delaigue, ke sekolah tersebut, Sanchez tak memiliki pengalaman apa pun soal sepakbola. Ia baru mulai mengenal dunia sepak di sana.

Meski baru mengenal, Sanchez kecil bisa mahir dengan cepat mengolah si kulit bundar. Alhasil, Sanchez pun terpilih masuk skuad utama di tim tersebut untuk mengikuti kompetisi lokal di Kota Tocopilla. Siapa sangka, dari kompetisi ini, Sanchez bisa menemukan jalan untuk menuju kesuksesan di dunia sepakbola. Pasalnya, penampilan ciamiknya di kompetisi tersebut telah menarik perhatian salah satu pakar sepakbola Cile, yakni Luis Astogara.

Alexis Sanchez

(Sanchez saat membela Cobreloa)

Astogara pun menawari Sanchez kecil kesempatan emas untuk mengenyam pendidikan sepakbola yang lebih baik. Pada 2005, pemain kelahiran 19 Desember 1988 itu pun mendapat tawaran untuk bermain di klub sepakbola Cobreloa. Di sana, Sanchez pun tak pernah tampil mengecewakan sehingga sosoknya langsung menjelma menjadi idola di Cile.

Di tahun yang sama, Sanchez pun mendapat kesempatan untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Cile. Nelson Acosta yang menangani Timnas Cile kala itu melihat potensi besar di dalam diri Sanchez. Keputusan Acosta pun ternyata sangat tepat karena kontribusi besar bisa diberikan sang pemain. Sebagai pemain termuda yang memperkuat Timnas Cile, ia benar-benar tak gentar dan justru menunjukkan kualitasnya.

Kesuksesan Sanchez di ajang internasional membuatnya kembali mendapat kesempatan besar untuk mengepakkan sayap yang lebih besar lagi. Setahun kemudian, ia mendapat tawaran dari salah satu klub Italia, Udinese. Tanpa pikir panjang, Sanchez langsung menerima tawaran ini. Di Udinese, Sanchez sempat dipinjamkan ke beberapa klub, seperti Colo-Colo hingga River Plate.

Pada 2011, tawaran yang jauh lebih fantastis kembali didapatnya. Sanchez akhirnya berlabuh ke tim raksasa Spanyol, Barcelona. Di sana, ia bermain selama tiga musim. Pada 2014, Sanchez tergiur untuk menjajal ketatnya persaingan di sepakbola Inggris. Ia pun memutuskan untuk berlabuh ke Arsenal.

Alexis Sanchez

Empat musim di Arsenal, Sanchez pun akhirnya pindah ke Manchester United. Kepindahannya pun terbilang menarik perhatian lebih dari publik karena dilakukan lewat pertukaran pemain. Man United rela memberikan Henrikh Mkhitaryan kepada Arsenal hanya untuk mendapatkan bakat gemilang Sanchez. Hingga kini, pemain asal Cile itu pun masih meniti karier di Man United.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini