nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makna di Balik Selebrasi Black Panther Aubameyang

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 07:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 51 2030221 makna-di-balik-selebrasi-black-panther-aubameyang-75TvcR3yD0.jpg Selebrasi Black Panther Aubameyang. (Foto: BBC)

LONDON Arsenal secara dramatis lolos ke babak perempatfinal Liga Eropa 2018-2019 usai berhasil menumpaskan perjuangan Stade Rennes dengan skor 3-0, pada Jumat (15/3/2019) dini hari WIB. Berkat kemenangan 3-0 itu, maka Arsenal otomatis lolos ke babak selanjutnya meski pada leg pertama mereka kalah 1-3.

Arsenal yang bermain di Emirates Stadium memang tampil garang hingga akhirnya bisa mencetak tiga gol kemenangan. Namun, ada satu kejadian menarik yang terjadi ketika penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak gol ketiga untuk The Gunners –julukan Arsenal– di menit ke-72.

Baca Juga: Daftar Tim yang Lolos ke Perempatfinal Liga Eropa 2018-2019

Aubameyang yang sebelumnya sudah mencetak gol di menit kelima itu, kali ini melakukan selebrasi unik di pinggir lapangan. Selebrasi unik tersebut adalah Aubameyang menggunakan sebuah topeng pahlawan dari Marvel, yakni Black Panther.

Sebelumnya mantan pemain Borussia Dortmund itu pernah menggunakan selebrasi serupa ketika bermain di Liga Jerman. Akan tetapi topeng yang ia gunakan sebelumnya adalah Spider-Man dan satu lagi pahlawan dari DC Comics, yaitu Batman. Jadi penggunaan topeng Black Panther baru pertama kali diperlihatkan di pertandingan melawan Rennes tersebut.

Ternyata, ada makna yang menjadi alasan mengapa Aubameyang memilih topeng Black Panther ketimbang menggunakan Batman dan Spider-Man lagi. Ia memilih Black Panther karena pahlawan Marvel itu dianggapnya seperti mewakili negara tempatnya berasal, yakni Gabon.

“Saya membutuhkan sebuah topeng (untuk selebrasi) yang mewakili saya. Itu adalah Black Panther dan di Afrika, di Gabon, kami menyebut Tim Nasional (Timnas) Gabon dengan Black Panther Gabon. Jadi itu sudah mewakili saya” kata Aubameyang, dikutip dari twitter Arsenal, Jumat (15/3/2019).

Gabon memang merupakan salah satu negara kaya di bagian Afrika. Meski Aubameyang merupakan kelahiran Prancis, namun ia lebih memilih untuk bergabung dengan Timnas Gabon ketimbang menjadi pemain Timnas Prancis atau pun Spanyol (asal ibu kandungnya).

(RNR)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini