nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun Stadion Baru, Ambisi untuk Jadikan Milan Ibu Kota Sepakbola

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 23:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 47 2026828 bangun-stadion-baru-ambisi-untuk-jadikan-milan-ibu-kota-sepakbola-EVAoArA13y.jpg Stadion San Siro (Foto: AFP)

MILAN – Dua klub asal kota Milan, yakni AC Milan dan Inter Milan, dikabarkan telah setuju untuk membangun stadion baru secara bersama-sama. Dengan kata lain, stadion tersebut nantinya akan menggantikan Stadion San Siro, yang selama ini telah menjadi markas dari kedua klub besar tersebut.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh pers Italia, kedua klub Milan tersebut telah sepakat untuk membangun stadion seharga 600 juta euro atau sekira Rp9,5 triliun. Rencananya stadion tersebut akan dibangun di dekat Stadion San Siro saat ini dan akan mulai beroperasi sejak musim kompetisi 2023-2024.

(Baca juga: Zaccheroni: Inter dan Milan Bakal Lolos ke Liga Champions 2019-2020)

San Siro

Stadion baru tersebut nantinya akan memiliki kapasitas untuk menampung 60 ribu penonton. Meski jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan kapasitas San Siro saat ini, namun stadion baru itu akan menjadi lebih modern dan berstandar internasional. Perlu diketahui, Stadion San Siro telah lama gagal menyediakan fasilitas modern untuk para penggemar.

Adapun yang menjadi salah satu acuan dalam pembangunan stadion anyar tersebut adalah Stadion MetLife di Amerika Serikat yang telah berstandar internasional. Presiden AC Milan, Paolo Scaroni, berharap agar pembangunan stadion baru itu nantinya bisa membuat Milan menjadi ibu kota sepakbola.

MetLife Stadium

“Kami akan memiliki stadion paling indah di dunia. Kami ingin Milan memiliki stadion yang hebat dan menjadikan Milan sebagai ibu kota sepakbola," terang Scaroni, seperti dilansir dari Inside World Football, Rabu (6/3/2019).

Stadion tersebut nantinya akan digunakan sebagai markas bagi AC Milan dan Inter Milan. Meski banyak fans kedua klub yang tidak setuju dengan hal tersebut, namun pembangunan dua stadion baru untuk masing-masing klub tidaklah memungkinkan. Pemerintah Kota Milan menjelaskan bahwa tidak ada cukup lahan untuk membangun dua stadion baru.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini