nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pesepakbola yang Sukses Jadi Pebisnis, Nomor 1 Paling Kaya

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 27 51 2023450 5-pesepakbola-yang-sukses-jadi-pebisnis-nomor-1-paling-kaya-pxFBTuZtdS.jpg Mathieu Flamini saat menghadiri suatu acara. (Foto: Twitter Flamini)

PEMAIN sepakbola terkenal biasanya memiliki gaji yang sangat fantastis. Ia dibayarkan upah setinggi langit karena kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar berada di atas rata-rata. Klub sengaja membayarkan gaji yang mahal itu agar sang pemain mau terus membela tim tersebut.

Akan tetapi meski memiliki gaji yang besar, terkadang ada beberapa pemain yang masih melakukan bisnis di luar dunia sepakbola. Bahkan ada yang sangat berhasil menjalani bisnisnya di luar dunia sepakbola. Kira-kira siapa saja pemain tersebut?

Berikut lima pesepakbola yang sukses jadi pebisnis, mengutip dari Sokka:

5. David Beckham


Beckham mungkin sudah lama pensiun dari dunia sepakbola, namun citranya sebagai pesepakbola tak seakan-akan tak pernah luntur. Ia bahkan kerap kali masih dipercayai brand-brand olahraga untuk mengiklankan produk tertentu, baik itu yang berhubungan dengan sepakbola atau pun tidak.

Akan tetapi Beckham juga memiliki bisnis tersendiri yang bernama DB Ventures Limited. Bisnis yang dibangun mantan pesepakbola Manchester United itu memiliki pendapatan hampir 450 juta pounds atau sekira Rp8,3 triliun selama dua tahun terakhir.

4. Cristiano Ronaldo


Pesona Ronaldo sebagai pesepakbola tak perlu diragukan lagi. Berbagai prestasi mampu ia torehkan disetiap klub yang dibelanya, baik itu saat masih di Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan juga Juventus.

Dari berbagai prestasi tersebut, Ronaldo dibayar dengan sangat mahal. Hebatnya, uang-uang yang Ronaldo dapatkan itu ia gunakan untuk dialihkan ke bisnis agar dapat terus dikembangkan. Tercatat pemain asal Portugal itu memiliki dua toko pakaian dan merek sepatu namanya sendiri, yakni CR7. Selain itu Ronaldo juga dikabarkan akan membangun sebuah hotel.

3. Rio Ferdinand


Selepas memutuskan untuk menggantung sepatu pada 2015 lalu, Ferdinand langsung menjelma menjadi salah satu pengusaha sukses. Mungkin banyak yang mengetahui Ferdinand berprofesi sebagai pandit atau pengamat sepakbola usai pensiun, namun nyatanya ia memiliki berbagai usaha di luar itu semua.

Seperti Ferdinand memiliki restaurant bernama Rosso yang cukup terkenal dan ia juga mempunyai brand pakaian. Tak hanya itu, Ferdinand juga memiliki sebuah majalah yang bernama #5.

2. Robbie Fowler


Fowler bisa dikatakan salah satu mantan pesepakbola tersukses saat ini. Bagaimana tidak, Fowler tercatat memiliki beberapa apartement, bisnir perumahan, dan sejumlah bangunan besar. Akibat hal itu, Fowler sempat masuk daftar 1.000 orang terkaya di Inggris versi The Sunday Times Rich List pada 2005 lalu.

Tercatat Fowler memiliki kekayaan bersih hampir 40 juta atau sekira Rp742 miliar. Hebatnya, Fowler memiliki sebuah akademi yang memberikan semacam tips bagi pengusaha-pengusaha muda agar bisa mencontoh kinerja agar bisa sukses.

1. Mathieu Flamini


Mantan pemain Arsenal dan AC Milan, Flamini, memiliki sebuah bisnis bioteknologi yang dibangun bersama mitra bisnisnya, Pasquale Granata, pada 2008 silam. Dari bisnis itu, Flamini menghasilkan uang yang tak bisa dibilang sedikit.

Peruahaan bernama GF Biochemical itu banyak membuat langkah besar dalam 10 tahun terakhir. Bahkan perusahaan itu menjadi yang pertama yang dapat memproduksi asam levulinic secara massal, pengganti minyak yang bisa dijadikan bahan bakar, untuk industri farmasi dan masih banyak lagi.

Pada 2014 lalu, asam levulinic dinobatkan sebagai salah satu dari 12 biokimia yang paling mungkin menghasilkan nilai di masa depan oleh Departemen Energi Amerika Serikat (AS). Perusahaan yang mempekerjakan 600 orang itu dikatakan memiliki potensi yang sangat besar, hampir senilai 20 miliar pounds (Rp371 triliun).

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini