nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persiapan Timnas Indonesia U-22 Dibilang Mepet, Ini Respons Indra Sjafri

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 51 2002696 persiapan-timnas-indonesia-u-22-dibilang-mepet-ini-respons-indra-sjafri-XB0wBVVAiD.jpg Indra Sjafri saat memberi instruksi kepada Todd Rivaldo Ferre. (Foto: AFC)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22, Indra Sjafri, menolak jika dikatakan persiapan timnya mepet. Hal itu jelang Timnas Indonesia U-22 tampil di Piala AFF U-22 yang bergulir pertengahan Februari 2019.

Juru taktik berusia 55 tahun itu menilai, waktu satu bulan sudah cukup baginya untuk mempersiapkan tim. Apalagi dalam pandangan eks pelatih Bali United itu, sebuah tim nasional tidak memiliki waktu untuk menggelar seleksi pemain atau melangsungkan pemusatan latihan dalam waktu yang panjang.

Timnas Indonesia U-22

"Saya pikir tidak mepet, jangan juga dibilang mepet. Sebenarnya tim nasional itu tidak ada seleksi atau TC yang jangka panjang, asal kompetisi sedang berjalan," kata Indra mengutip dari Goal Indonesia, Kamis (10/1/2019).

BACA JUGA: Tak Ada Jaminan Egy Maulana Vikri Masuk Skuad Timnas Indonesia U-22

"Problem untuk kami sekarang adalah kompetisi sedang off season, dan mereka jadi persiapan di tim nasional. Jadi terbalik," lanjut pelatih yang membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempatfinal Piala Asia U-19 2018 tersebut.

Pendapat Indra memang tidak sepenuhnya salah. Ambil contoh negara-negara Eropa yang tidak pernah menggelar pemusatan latihan dalam waktu yang panjang ketika hendak mengikuti sebuah turnamen.

Biasanya jelang tampil di turnamen empat tahunan seperti Piala Eropa atau Piala Dunia, mereka hanya mengikuti pemusatan latihan sekira satu minggu. Bahkan jika hanya melakoni pertandingan persahabatan, mereka hanya akan melakoni persiapan dalam hitungan hari.

Indra Sjafri Mempunyai Alasan Khusus Mainkan Rivaldo Ferre di Babak Kedua

Kembali ke Timnas Indonesia U-22. Pada pertengahan Februari 2019, mereka akan turun di Piala AFF U-22 yang digelar di Kamboja. Kemudian pada akhir Maret 2019, skuad Garuda Muda akan turun di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang berlangsung di Vietnam. Kemudian, petualangan mereka di 2019 ditutup dengan mentas di SEA Games Manila pada pengujung November.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini