nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diringkus Satgas Antimafia Bola, Ini Profil Singkat Johar Lin Eng

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 27 49 1996669 diringkus-satgas-antimafia-bola-ini-profil-singkat-johar-lin-eng-MTBAsRNMyI.jpg Ketua Asprov PSSI Jateng Johar Lin Eng (Foto: PSSI Jateng/Instagram)

JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Sepak Bola berhasil meringkus Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Johar Lin Eng, terkait kasus dugaan skandal pengaturan skor di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (27/12/2018). Pria asal Semarang itu ditangkap saat turun dari pesawat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, Johar ditangkap saat mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma usai menumpang pesawat Citilink QG-122 dari Solo, sekira pukul 10.12 WIB. Lalu, siapa sebenarnya sosok Johar Lin Eng?

Melansir dari laman resmi PSSI, Johar Lin Eng saat ini berstatus sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Tengah (Jateng). Jabatan tersebut sudah diembannya selama dua periode. Pria berusia 55 tahun itu sudah menjabat Ketua Asprov Jateng sejak 2013.

Ketua Asprov PSSI Jateng Johar Lin Eng

(Baca juga: Anggota Komite Eksekutif PSSI Johar Lin Eng Ditangkap Satgas Antimafia Bola)

Bahkan, susunan kepengurusan inti di Jawa Tengah juga tidak berubah. Johar Lin Eng memegang jabatan sebagai ketua sejak 2013-2017 hingga 2021 bersama Edy Suyuti selaku wakil. Posisi tersebut memungkinkan pria kelahiran Semarang itu masuk ke dalam jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Johar Lin Eng lahir di Semarang, 8 September 1963. Berdasarkan keterangan yang dihimpun Okezone, ia bekerja sebagai karyawan swasta. Walau begitu, Johar ternyata sangat aktif dalam memajukan sepakbola di Jawa Tengah.

Hal itu terbukti dari sejumlah unggahan di akun Instagram @pssijateng. Johar rutin menggelar kompetisi Piala Soeratin. Ia juga beberapa kali mengunjungi kamp Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia U-16 kala menggelar training camp di Banjarnegara, Agustus 2018.

PSSI

Selain itu, Johar juga sempat ditunjuk oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Asprov Kepulauan Riau. Ia dibebani tugas untuk mempersiapkan Kongres Pemilihan Asprov PSSI dalam kurun waktu tiga bulan, terhitung sejak Januari 2018 berdasarkan Surat Keputusan PSSI tertanggal 20 Desember 2017.

Di saat bersamaan, Johar juga ditunjuk sebagai (Plt) Ketua Asprov Aceh melalui surat keputusan bernomor SKEP/79/XII-2017.

Nama Johar Lin Eng mulai santer disebut dalam sebuah acara bincang-bincang di televisi oleh Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono. Ia mengaku ditawari oleh Johar Lin Eng agar Banjarnegara menjadi tuan rumah putaran 2 Liga 3 Zona Jawa Tengah.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini