nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bima Sakti Sadar Terlalu Cepat untuk Terima Tawaran Tangani Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 November 2018 11:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 26 51 1982834 bima-sakti-sadar-terlalu-cepat-untuk-terima-tawaran-tangani-timnas-indonesia-nywLREQZeG.jpg Bima Sakti gagal bersama Timnas Indonesia. (Foto: AFF)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Bima Sakti, sadar terlalu cepat baginya untuk menerima tawaran menangani skuad Garuda. Juru taktik berusia 42 tahun itu sebenarnya paham banyak hal yang harus dilalui sebelum mengambil tawaran melatih Timnas Indonesia.

Bima Sakti resmi diangkat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Minggu 21 Oktober 2018. Pelatih asal Balikpapan itu meneruskan kerja yang sejak satu setengah sebelumnya dibangun arsitek asal Spanyol, Luis Milla.

Bima Sakti

Saat itu, PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia karena dinilai paham dengan strategi yang dikembangkan Milla bersama skuad Garuda. Akan tetapi, hasil yang didapat Bima bersama Timnas Indonesia tidak seimpresif Milla, yang membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2017 dan 16 besar Asian Games 2018.

BACA JUGA: Sven-Goran Eriksson: Siapa pun Pelatihnya, Timnas Indonesia Tetap Bagus

Di bawah arahan Bima Sakti, langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 terhenti di fase grup setelah hanya mengoleksi empat angka dari empat pertandingan. Sebenarnya sebelum gelaran Piala AFF 2018 digelar, banyak pihak yang meragukan kualitas Bima dalam melatih.

Hal itu karena Bima tidak memiliki pengalaman bertugas sebagai pelatih kepala di tim senior. Sebelumnya, Bima Sakti hanya menjadi asisten pelatih di Persiba Balikpapan (2016) dan Timnas Indonesia (2016-2017)

"Saya bersyukur bisa berada di tim ini, dan saya bangga dengan para pemain saya. Bisa dikatakan, saya ujiannya yang harusnya SMP (Sekolah Menengah Pertama) tapi langsung ke Universitas. Ke depan, semoga hasilnya bisa lebih baik, saya yakin siapa pun pelatihnya nanti," kata Bima.

Bima Sakti

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFF Suzuki Cup 2018 apapun hasilnya Menang ku Sanjung Kalah Dukung.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini