Image

Pelatihan Sepakbola Berbasis Web Cocok untuk Pembinaan Usia Muda

ant, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 23:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 14 51 1886763 pelatihan-sepakbola-berbasis-web-cocok-untuk-pembinaan-usia-muda-xFgrQbokYp.jpg Latihan Timnas U-23 (Foto: Antara)

JAKARTA - Pelatihan sepakbola berbasis android dan sistem web yang digagas oleh Gobolabali dinilai layak untuk dikembangkan terutama untuk pembinaan pemain usia muda usia 5-15 tahun. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) mendukung wacana tersebut.

Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta, mengungkapkan bahwa memang sudah waktunya bagi para penggiat dan pembina sepak bola di seluruh Tanah Air untuk tahu teknologi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Hal itu dilakukan agar pembinaan tidak hanya mengandalkan pengamatan bersifat intuitif dalam menilai potensi atau kualitas seorang pemain.

"Ini adalah terobosan baru dalam pembinaan sepak bola. Apalagi program ini tidak berbenturan dengan program penguatan data base pemain yang saat ini sedang dikembangkan Kemenpora," kata Isnanta dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

BACA JUGA: Pembinaan Apik Sepakbola Usia Dini Myanmar, Dibuat Mati Kutu oleh Timnas Indonesia U-19

Penggunaan perangkat teknologi dapat membantu mengukur kemampuan seorang pemain secara terukur lengkap. Kemampuan dasar seorang pesepakbola seperti kemampuan mengoper, membawa bola, kontrol bola serta akurasi dalam melakukan tembakan ke arah gawang, dapat terlihat secara rinci.

"Kita harus berubah. Di era sekarang ini hampir seluruh sektor kehidupan telah memanfaatkan kemajuan teknologi. Tentu pembinaan sepak bola juga harus melakukannya. Jadi program yang dikembangkan GOBOLABALI ini sangat bagus. Karena menyentuh empat hal dari fundamental skill sepak bola," katanya menambahkan.

BACA JUGA: Masalah yang Dihadapi Pembinaan Pemain Muda

Sementara itu, Ketua Umum Gobolabali, I Gusti Putu Agung Nuaba menyebutkan program ini meliputi tiga hal paling mendasar untuk anak-anak. Pertama, teknik dasar bermain bola/futsal mulai dari touch ball passing, control dan shooting dan yang kedua, meningkatkan nutrisi dan yang ketiga membina sikap pemain.

“Fokus dari program ini adalah mengubah pola pikir para pemain, orang tua, sekolah sepak, tim dan pelatih bahwa turnamen yang dibuat untuk anak-anak usia 6 sampai dengan 15 tahun, bukan semata untuk tujuan mencari juara 1, 2 atau 3 tetapi jauh lebih penting untuk mengetahui apakah program dan kegiatan latihan yang sudah diberikan kepada pemain mampu diterapkan dengan baik oleh pemain," tutur Putu Agung, Sabtu (14/4/2018).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini