Image

SOCCERPEDIA: Tampil di 5 Piala Dunia, Lothar Matthaus Penampil Terbanyak di Turnamen Antarnegara Paling Prestisius

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 12:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 51 1794620 soccerpedia-tampil-di-5-piala-dunia-lothar-matthaus-penampil-terbanyak-di-turnamen-antarnegara-paling-prestisius-HMc8PUmO6Y.jpg Lotthar Matthaus (Foto: AFP)

TURNAMEN Piala Dunia memang selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu bagi para pesepakbola dunia. Maklum saja dalam ajang empat tahunan tersebut, para pemain bisa menunjukkan skill mereka dan tak heran bisa menjadi sorotan dunia.

Berbicara soal penampilan pemain, gelandang Tim Nasional (Timnas) Jerman, Lothar Matthaus, menjadi pemain dengan partisipasi terbanyak di Piala Dunia dengan lima periode beruntun. Matthaus sendiri mulai bergabung dengan Die Panzer –julukan Timnas Jerman– pada 1980.

Matthaus melakukan debut internasional perdananya saat Timnas Jerman berhadapan dengan Belanda di Piala Eropa 1980 yang berlangsung di Italia. Bahkan, Matthaus menjadi pemain yang mampu membawa Timnas Jerman keluar sebagai juara.

Sementara penampilan perdana Matthaus di Piala Dunia, ia torehkan pada 1982. Pria yang kini berusia 56 tahun itu masuk ke dalam skuad utama Timnas Jerman sebanyak dua kali di babak penyisihan grup.

Bahkan, Matthaus sukses membawa Jerman melaju hingga ke final. Sayangnya Jerman gagal keluar sebagai juara di Piala Dunia 1980 yang berlangsung di Spanyol itu setelah dikalahkan Italia 1-3.

Setelah hanya mendapatkan kesempatan bermain yang cukup singkat di Piala Dunia 1982, Matthaus mendapatkan tempat permanen saat Jerman berlaga di turnamen antarnegara paling bergengsi di tahun 1986 yang berlangsung di Meksiko.

Bahkan pria yang sempat menekuni kariernya sebagai manajer klub sepakbola itu juga mampu mencetak gol kemenangan bagi Jerman saat mengalahkan Maroko di babak 16 besar. Setelah lolos dari 16 besar, Jerman kembali masuk ke partai puncak Piala Dunia 1986.

Kali ini, Argentina yang menjadi lawannya. Memiliki kepercayaan dari pelatih Jerman saat itu, Franz Beckenbauer, Matthaus mendapatkan tugas yang cukup berat yakni menjaga pergerakan Diego Maradona.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini