Image

SOCCERPEDIA: Pesepakbola dengan Trofi Piala Dunia Terbanyak? Pele Jawabannya

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 12:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 51 1793928 soccerpedia-pesepakbola-dengan-trofi-piala-dunia-terbanyak-pele-jawabannya-SccL2Cy2Wd.jpg Pele raih tiga trofi Piala Dunia. (Foto: AFP/Helayne Seidman)

EDSON Arantes do Nascimento adalah pesepakbola dengan trofi Piala Dunia terbanyak. Jelas nama tersebut cukup asing di telinga pencinta sepakbola dunia. Jika menyebut nama Pele, barulah kita familiar dengan sosok tersebut.

Ya, Pele merupakan nama panggilan dari Edson Arantes. Pesepakbola legenda asal Brasil itu tercatat memenangi tiga trofi Piala Dunia sepanjang kariernya. Catatan itu merupakan yang terbanyak ketimbang pemain lain.

Pele merebut tiga trofi itu pada Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970. Hebatnya, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepakbola itu melakukannya hanya dari empat kesempatan! Satu-satunya kegagalan Pele meraih trofi Piala Dunia pada 1966. Saat itu secara mengejutkan, Selecao –julukan Brasil– yang berstatus juara bertahan tersingkir di fase grup.

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Dari 10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions, Ada Satu Nama Berasal dari Luar Eropa

Ketika memenangi trofi Piala Dunia 1958, usia Pele baru 17 tahun. Bahkan ia mencetak dua gol saat Brasil mengalahkan Swedia 5-2 di final. Berselang empat tahun ke depan, Brasil kembali menjadi juara setelah mengalahkan Cekoslovakia 3-1 di partai final.

Namun, sang maestro sepakbola tidak main di partai tersebut karena mengalami cedera. Kemudian pada 1970, Brasil yang memainkan khas jogo bonito memenangi turnamen setelah di final menundukkan Italia 4-1. Pele mencetak gol pembuka Brasil saat itu.

BACA JUGA:SOCCERPEDIA: Termuda dan Tertua, Pencetak Gol di Final Liga Champions

Total dari 14 pertandingan di Piala Dunia, Pele mengemas 12 gol. Catatan itu memang terpaut empat bola dari pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, Miroslav Klose (Jerman). Meski begitu, Pele tetaplah legenda dengan koleksi trofi Piala Dunia terbanyak.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini