Image

SOCCERPEDIA: Termuda dan Tertua, Pencetak Gol di Final Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017, 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 10 261 1792379 soccerpedia-termuda-dan-tertua-pencetak-gol-di-final-liga-champions-X6N94QX3cy.jpg Paolo Maldini saat bobol gawang Liverpool. (Foto: AFP/Filippo Monteforte)

LIGA Champions merupakan turnamen yang menarik untuk dibahas. Tercatat di setiap musimnya senantiasa tercipta rekor. Terbaru di Liga Champions 2016-2017, Real Madrid jadi tim pertama yang menjuarai turnamen dua musim beruntun, terhitung semenjak berganti format pada 1992-1993.

Selain itu, rekor lain apa yang tercipta di Liga Champions? Patrick Kluivert dan Paolo Maldini tercatat jadi beberapa pemain yang mencetak rekor, khususnya di final Liga Champions. Kluivert yang berkewarnegaraan Belanda tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di final Liga Champions.

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Cuma Del Bosque, Pelatih dengan Raihan Gelar Liga Champions, Piala Dunia hingga Piala Eropa

Momen itu dilakukan Kluivert saat membawa Ajax Amsterdam juara Liga Champions 1994-1995. Menghadapi AC Milan, pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Olahraga Paris Saint-Germain (PSG), mencetak gol tunggal kemenangan Ajax pada menit 85. Saat itu usia mantan bomber Barcelona itu baru menginjak 18 tahun dan 325 hari.

Sementara Paolo Maldini menjadi pemain tertua yang mencetak gol di final Liga Champions. Momen itu terjadi di final Liga Champions 2004-2005 saat AC Milan bersua Liverpool di Istanbul, Turki.

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Ini Dia, Pesepakbola Pertama yang Sandingkan Gelar Top Skor Liga Champions dengan Piala Dunia

Laga belum genap satu menit, umpan tendangan bebas Andrea Pirlo disambut tendangan first time Maldini yang tak dapat diantisipasi kiper Liverpool, Jerzy Dudek. Namun tidak seperti Kluivert yang membawa Ajax menjadi kampiun, Milan gagal menang di partai puncak.

Setelah Milan sempat unggul 3-0 di babak pertama, Liverpool menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di paruh kedua. Pada akhirnya di adu tendangan penalti, The Reds –julukan Liverpool– racikan Rafael Benitez menang 3-2.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini