nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Neymar Hengkang ke PSG, Barcelona Sesalkan Peraturan Klausul Penebusan untuk Klub Spanyol

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 04 September 2017 05:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 04 51 1768622 neymar-hengkang-ke-psg-barcelona-sesalkan-peraturan-klausul-penebusan-untuk-klub-spanyol-kGfOX1A6Zd.jpg

BARCELONA – Klub raksasa Spanyol, Barcelona, harus menelan luka pada bursa transfer musim panas 2017. Bagaimana tidak, meski berstatus sebagai klub elit, namun nyatanya Barca masih dapat kecolongan pemainnya direbut oleh klub lain.

Adalah Neymar da Silva yang dalam beberapa musim terakhir menjadi tumpuan utama El Barca di lini depan bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Sedang memasuki usia emasnya dan penampilannya kian menunjukkan peningkatan, Neymar malah hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).

(Baca juga: Messi Belum Tanda Tangan Kontrak Baru, Direktur Barcelona Sebut Tidak Ada Masalah)

Memang tak dapat dimungkiri bahwa biaya tebus untuk Neymar merupakan angka yang fantastis, yakni 198 juta pounds atau sekira Rp3,4 triliun. Namun begitu, ketimbang uang, untuk klub sekelas Barca, servis Neymar jelas lebih dibutuhkan agar dapat mengantarkan mereka merengkuh gelar juara.

Diboyongnya Neymar juga tak lepas dari kebijakan yang diberlakukan terhadap klub-klub asal Spanyol. Federasi Sepakbola Spanyol membuat peraturan agar para pemain yang bemain untuk klub Spanyol memiliki klausul penebusan, tak peduli seberapa tinggi pun harganya.

Peraturan tersebut tentu memiliki risiko, yakni di mana bila ada klub lain yang berani mengaktifkan klausul penebusan seorang pemain, maka pemain tersebut dapat hengkang, meski klub bertekad keras tak mau menjualnya. Hal itulah yang terjadi ketika PSG mengaktifkan klausul penebusan Neymar.

Dalam kasus ini, Barcelona tentu menjadi pihak yang paling sakit hati. Pasalnya, beberapa waktu lalu Barca sempat menawar gelandang PSG, Marco Verratti. Namun, karena Verratti tidak memiliki klausul penebusan, maka PSG dapat terus mempertahankan si pemain, tak peduli harga yang disodorkan El Barca.

“Kami ingin dia (Neymar) tetap berada di sini. Siapa pun yang mengatakan hal lain adalah sebuah kebohongan. Klausul penebusan merupakan hambatan tambahan bagi klub Spanyol. Kami harus bermain dengan peraturan yang sama,” jelas Direktur Barcelona, Albert Soler, mengutip dari 101 Great Goals, Senin (4/9/2017).

(fmh)

Berita Terkait

Bursa Transfer Musim Panas 2017

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini