Image

OKEZONE STORY: Segi Individualnya Menonjol Bersama Nacional, Cristiano Ronaldo Masuk Radar Sporting Lisbon

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 11:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 51 1720478 okezone-story-segi-individualnya-menonjol-bersama-nacional-cristiano-ronaldo-masuk-radar-sporting-lisbon-s3rP4fscya.jpg Ronaldo saat membela Sporting Lisbon. (Foto: 101 Great Goals)

CRISTIANO Ronaldo resmi bergabung dengan tim junior Nacional da Madeira pada 1995, atau ketika usianya masih 10 tahun. Saat itu ayah baptis Ronaldo, Fernao Sousa, yang meyakinkan Jose Dinis Aveiro dan Maria Dolores (kedua orangtua Ronaldo) agar membiarkan sang anak meninggalkan Andorinha untuk hengkang ke Nacional.

Bersama Nacional yang notabene jauh lebih kuat ketimbang Andorinha, skill Ronaldo mengalami perkembangan secara pesat. Bahkan ayah Ronaldo meyakini, takkan ada pemain lawan yang mampu menghadang Ronaldo karena sang anak memiliki kecepatan luar biasa.

Pelatih Nacional, Antonio Mendoca, juga tak segan memuji Ronaldo kecil. Mendoca menilai, sepakbola jalanan benar-benar membentuk gaya permainan luwes yang ditampilkan Ronaldo.

“Kemampuannya sangat berkembang: kecepatan, operan, tembakan, eksekusi tembakan. Sepakbola jalanan telah mengajarinya cara untuk menghindari pukulan, melewati lawan dan menghadapi anak yang lebih besar darinya. Sepakbola jalanan juga telah menguatkan karakternya, ia sangat pemberani,” kata Mendoca mengutip dari buku The Obsession For Perfection karangan Luca Caioli.

Bahkan berkat skill individu yang ditampilkan, Nacional kerap menang dengan skor mencolok. Masih seperti saat membela Andorinha, Ronaldo kecil sering menangis tatkala timnya sedang tertinggal atau mengalami kekalahan.

“Mereka maklum dengan kemarahannya sebab biasanya memang ialah yang mencetak banyak gol. Kami bahkan bisa memenangkan beberapa pertandingan dengan skor 9-0 atau 10-0,” lanjut Mendoca.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini