nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kemewahan Kandang Chelsea, Stadion Stamford Bridge

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 18:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 30 45 1703461 begini-kemewahan-kandang-chelsea-stadion-stamford-bridge-qKH4QaTsii.jpg

STAMFORD Bridge tampaknya menjadi salah satu stadion kebanggaan Kota London yang menjadi homebase dari klub sepakbola Inggris yakni Chelsea. Berkapasitas 41.663 kursi penonton, Stamford Bridge menjadi urutan kedelapan sebagai stadion terbesar di Liga Inggris.

Bukan hanya bisa dilihat dari sudut tempat penyelenggaraan sepakbola, kemegahan Stamford Bridge ternyata bisa terlihat dari sisi lain. Jika kita melihat dari homebase sebuah klub sepakbola yakni Chelsea, kemegahan stadion ini tak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa dilihat pada setiap pertandingan sepakbola.

Terdiri dari empat sisi tribun, ternyata masing-masing sisi memiliki penamaan tersendiri. Di sisi utara, tribun ini memiliki nama ‘Matthew Harding Stand’. Nama tersebut dipilih untuk mengenang wakil ketua Chelsea yang bernama Matthew Harding yang meninggal akibat kecelakaan helikopter pada 22 Oktober 1996.

Lalu pada sisi selatan, tribun ini dinamakan ‘Shed End’. Tribun tersebut dinamakan seperti itu karena pada awalnya dikenal sebagai ‘Fulham Road End’, namun para pendukung Chelsea sering menamainya sebagai ‘The Shed’. Namun, setelah tempat duduk tersebut diganti, nama tempat itu pun berubah menjadi ‘Shed End’.

Sementara itu, dua sisi lainnya yakni sisi barat dan timur, tak memiliki nama. Kedua sisi tribun hanya disebut tribun barat dan timur seperti biasa. 

Terakhir, Stamford Bridge menjadi saksi kesuksesan Chelsea dalam merayakan titel Liga Inggris setelah merebut podium pertama di klasemen akhir musim ini. Lalu seperti apa fasilitas yang bisa dimanjakan pengunjungnya ketika datang ke stadion yang terletak di Fulham, London itu?

Lounge di hotel Stamford Bridge (Foto: laman resmi Chelsea FC)

Ternyata banyak fitur menarik yang bisa dinikmati di Stamford Bridge. Menariknya, stadion tersebut memiliki dua hotel dan apartemen yang bisa dijadikan tempat tinggal para pengunjung ketika harus menghabiskan satu hari penuh di stadion tersebut. Tak hanya itu, bahkan stadion tersebut memiliki bar dan restoran yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat pengisi perut kala menonton pertandingan.

Penampakan kamar hotel di Stamford Bridge (Foto: laman resmi Chelsea FC)

Bar di Stamdford Bridge (Foto: laman resmi Chelsea FC)

Restoran di Stamford Bridge (Foto: laman resmi Chelsea FC)

Selain itu, ada juga museum yang dinamakan Museum Centenary. Pada 2005, museum tersebut diresmikan untuk menandai peringatan 100 tahun Chelsea. Dalam museum tersebut, pengunjung dapat menyaksikan video pesan pengantar dari mantan wakil presiden Chelsea, Richard Attenborough. Pengunjung kemudian dipandu untuk melihat berbagai sejarah dari Chelsea.

Museum di Stamford Bridge (Foto: laman resmi Chelsea FC)

Bahkan pada 6 Juni 2011, museum ini ditetapkan sebagai museum sepakbola terbesar di London. Sebab, museum tersebut ditambah dengan fitur baru yakni pameran interaktif di belakang tribun Matthew Harding.

Tak hanya itu, di Stamford Brigde juga terdapat megastore yang terletak di sudut barat daya stadion. Toko tersebut terdiri dari dua lantai, di mana lantai pertama terdiri dari toko suvenir dan perlengkapan anak-anak, lalu pada lantai kedua diisi dengan toko kaus dan jaket. Ada juga dua toko kecil, yang terletak di pintu masuk Stamford Bridge dan yang lainnya di dalam gedung museum baru di belakang tribun Matthew Harding.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini