Munich (1958) Jadi Tragedi Terburuk yang Pernah Terjadi di Sepakbola

Reza Saputra, Jurnalis · Kamis 27 April 2017 04:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 27 51 1677370 munich-1958-jadi-tragedi-terburuk-yang-pernah-terjadi-di-sepakbola-cR1g9s3kjq.jpg

DUNIA sepak bola kembali berduka atas tragedi jatuhnya pesawat Brithis Aerospace 146 yang ditumpangi oleh klub asal Brasil, Chapecoense di kawasan Meddellin, Kolombia pada 2016. Tercatat, 76 orang tewas akibat insiden tersebut di mana sebagian besar merupakan para pemain Chapecoense.

Namun kecelakaan pesawat yang menimpa tim sepakbola bukan kali pertama terjadi. Jauh di tahun 1958, sebuah kecelakaan pesawat juga menewaskan hampir seluruh pemain Manchester United.

Selepas mengisi bahan bakar di bandara Munich, Jerman, pesawat mencoba lepas landas untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Inggris, pada 6 Februari 1958. Namun cuaca buruk yang melanda Munich saat itu membuat lintasan pacu dipenuhi oleh salju.

Karena kurangnya kecepatan, pesawat yang mencoba lepas landas untuk ketiga kalinya tersebut justru menabrak pagar bandara hingga hancur berantakan. Sebanyak 20 orang tewas akibat insiden tersebut, salah satunya adalah penyerang terbaik Setan Merah, Duncan Edward.

Beruntung saat itu pemain andalan Man United lainnya, yakni Bobby Charlton dan sang pelatih,Sir Matt Busby selamat dari insiden nahas tersebut. Kedua orang tersebut yang kemudian memiliki peran besar dalam kebangkitan Setan Merah atas tragedy nahas di Munich.

(rzs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini