Share
AS Monaco usai pertandingan melawan Dortmund (Foto: AFP)

Bantai Borussia Dortmund di Leg Kedua, AS Monaco Lolos ke Semifinal Liga Champions

Bagas Abdiel

Kamis, 20 April 2017 - 03:56 wib

MONACO – AS Monaco memastikan diri maju ke semifinal Liga Champions 2016-2017 setelah menyingkirkan Borussia Dortmund di babak perempatfinal. Kepastian itu didapat setelah Monaco menang dengan skor 3-1 di laga leg kedua di kandang sendiri, Stade Louis II, Kamis (20/4/2017) dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat Monaco unggul agregat dengan skor 6-3. Pasalnya di leg pertama lalu, Monaco juga mampu mempermalukan Dortmund di dengan skor 2-1.

Gol pertama Monaco berhasil di cetak Kylian Mbappe di menit ke-3. Gol kedua dicetak sang kapten Radamel Falcao di menit ke-17. Gol ketiga lahir dari sepakan first time Valere Germain di menit 81. Sementara satu gol Dortmund dicetak oleh Marco Reus di menit ke-48.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada babak pertama, sang tuan rumah berusaha tampil menekan. Hal tersebut langsung membuahkan hasil ketika pertandingan berjalan di menit ketiga, Monaco langsung membuat keunggulan.

Ialah Kylian Mbappe yang berhasil mencetak gol pertama bagi Monaco di menit-menit awal. Gol pertama tersebut terjadi ketika bola muntah dari kiper Dortmund, Roman Burki yang tak mampu menahan tendangan Benjamin Mendy yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Mbappe melalui tendangan kerasnya. Skor pun berubah menjadi 1-0.

Setelah gol tersebut, Dortmund berusaha untuk menyerang pertahanan Monaco. Peluang pun berhasil didapat Marco Reus yang mendapat kesempatan menembak tendangan langsung ke arah gawang Monaco. Sayang, tembakan itu berhasil di tangkap dengan baik oleh Danijel Subasic.

Peluang gol dari kedua tim pun terus terjadi. Monaco berpeluang untuk mencetak gol kedua, setelah Silva melakukan sundulan ke gawang Dortmund, namun sundulan tersebut berhasil ditangkap dengan biak oleh Subasic. Begitu pun Dortmund yang mendapat peluang ketika menerima hadiah tendangan bebas. Nuri Sahin yang mengeksekusi hadiah itu, tendangannya hanya mampu menepis tiang gawang.

Petaka pun kembali terjadi bagi Dortmund. Gol kedua kembali datang bagi Monaco di menit ke-17. Kali ini, sang kapten Radamel Falcao mencetak gol kedua bagi tim tuan rumah. Gol tersebut lahir dari umpan Thomas Lemar yang berada di posisi kiri. Umpan silang tersebut akhirnya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Falcao yang berada di posisi enak untuk mencetak gol. Monaco unggul 2-0.

Semakin tertinggal, Dortmund enggan menyerah. Beberapa peluang berhasil dibuatnya. Namun, Monaco pun juga tak ingin berpuas diri. Pertahanan klub asal Jerman itu terus dibombardir oleh Falcao dan kolega.

Namun, memasuki menit 30, Dortmund bisa sedikit keluar dari tekanan. Anak asuh Thomas Tuchel itu mencoba menciptakan peluang melalui penggawanya Reus dan Shinji Kagawa. Sayang, aksi keduanya tak mampu menyarangkan gol untuk memperkecil ketinggalan.

Peluang kembali dimiliki Dortmund melalui tendangan bebas di menit 40. Reus yang mengeksekusi tendangan tersebut masih mampu ditangkap dengan baik oleh Subasic yang siaga menjaga gawang Monaco.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, skor tak berubah tetap untuk keunggulan Monaco. Tim tuan rumah unggul dengan skor 2-0.

Babak Kedua

Berbeda dengan babak pertama, pada babak kedua Dortmund mencoba untuk tampil menekan. Akhirnya harapan muncul bagi Dortmund setelah Reus mencetak gol pertama bagi di menit 48.

Gol tersebut lahir dari umpan Ousmane Dembele dari sisi kanan. Umpan silangnya tersebut akhirnya mampu dieksekusi dengan baik oleh tendangan Reus di pojok gawang Subasic. Skor berubah menjadi 2-1 tapi masih tetap untuk keunggulan Monaco.

Setelah gol tersebut, Dortmund terus mengancam pertahanan Monaco. Beberapa kali peluang terus didapat dan klub asal Jerman itu berusaha untuk mendominasi pertandingan.

Meski begitu, Monaco tak tinggal diam. Falcao dan Mbappe bergantian melakukan serangan dan menciptakan peluang untuk bisa mencetak gol. Kiper Dortmund yakni Burki beberapa kali tampil gemilang dengan melakukan penyelamatan gemilang.

Salah satunya di menit 65, di mana Falcao berhasil keluar dari pelanggaran offside ketika mendapat umpan lambung yang manis dari rekannya. Tampil bebas, pemain asal Kolombia itu malah banyak berpikir. Alhasil Burki yang tak ingin kecolongan bergegas menutup pergerakan Falcao yang menyebabkan sepakan Falcao melayang dari gawang.

Dortmund yang akhirnya kembali tertekan, tetap mencoba melakukan serangan balik. Reus pun kembali mengancam gawang Subasic dengan melakukan tendangan keras ke arah gawang Monaco. Namun, Subasic dengan sigap menangkap bola tersebut dengan baik.

Monaco pun kembali mendominasi jalannya pertandingan. Pertahanan Dortmund terus dibombardir pemain Monaco agar kemenangan mereka tetap aman. Serangan tuan rumah itu akhirnya membuahkan hasil di menit 81.

Gol ketiga Monaco lahir melalui pemain pengganti Valere Germain yang menggantikan Mbappe. Hebatnya, Germain yang baru masuk di menit 81, langsung mencetak gol. Tampil tanpa kawalan di area pertahanan Dortmund, ternyata mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Germain yang mengatasi sang kiper, Burki. Skor pun berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Monaco.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tak berubah. Monaco menang dengan skor 3-1 dan membuat agregat menjadi 6-3.

Susunan Pemain:

AS Monaco: Subasic, Mendy, Jemerson, Glik, Toure, Lemas, Mountinho, Bakayoko, Silva (Raggi 92’), Mbappe (Germain 81’) dan Falcao (Dirar 68’).

Dortmund: Burki, Piszczek, Papastathopoulos, Ginter, Durm (Dembele 27’), Weigl, Sahin (Schmelzer 46’), Guerreiro (Pulisic 72’), Kagawa, Reus dan Aubameyang.

TAG : AS Monaco
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11