nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Drama Napoli-Lazio Warnai Giornata Pamungkas Serie A

Daniel Setiawan, Jurnalis · Senin 01 Juni 2015 04:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 06 01 47 1158217 drama-napoli-lazio-warnai-giornata-pamungkas-serie-a-84ux7UQ3XF.jpg Drama lima gol Napoli versus Lazio (Foto: Reuters)

NAPOLI – Napoli kedatangan tamu dari ibu kota, Lazio, pada pertandingan penutup Serie A musim 2014-2015, Senin (31/2/2015) dini hari WIB. Lazio berhasil menjadi yang terbaik setelah menumpaskan tuan rumah dengan skor 4-2. Dengan ini, Elang Ibu Kota berhak tampil di Liga Champions musim depan.

Babak pertama sejatinya dkuasai oleh Partenopei. Sayangnya, kordinasi dan kegemilangan Lazio dalam menerapkan serangan balik menjadi bencana untuk anak asuh Rafael Benitez. Dua gol Lazio bersarang di jala Mariano Andujar melalui kaki Marco Parolo dan Antonio Candreva.

Babak kedua Napoli sempat membuka harapan melalui dwigol Gonzalo Higuain. Sayang, Partenopei kehilangan momentum setelah Ogenyi Onazi merobek gawang Andujar untuk ketiga kali. Miroslav Klose lalu melengkapi kemenangan Lazio.

Kekalahan ini sendiri menjadi perpisahan pahit kota Naples dengan Benitez, yang telah menyatakan angkat kaki akhir musim ini. Eks pelatih Liverpool itu hanya mempersembahkan satu gelar musim ini, dan disinyalir kuat menjadi pelatih Real Madrid.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan dimulai dengan tempo yang lambat. Beberapa kali kedua klub membuat kesalahan, belum ada kesempatan yang tercipta di tiga menit pertama.

Memasuki lima menit pertama, Lazio menekan kubu Partenopei melalui Danilo Cataldi dan Parolo. Keduanya dengan brilian mengatur lini tengah Elang Ibu Kota. Candreva beberapa kali melakukan penetrasi di sisi kanan melalui kecepatannya.

Pada menit 10 Candreva kembali memimpin serangan balik Lazio. Sayangnya operan ke sisi kanan tidak mampu disambut dengan baik oleh Parolo.

Selang dua menit, giliran tuan rumah menebar ancaman. Sepakan mantan pemain Real Madrid, Gonzalo Higuain, membuat repot penjaga gawang Federico Marchetti. Bola yang berhasil ditepis hampir disambar oleh Marek Hamsik. Beruntung Marchetti masih lebih dekat dengan si kulit bundar.

Napoli kembali mendapat peluang pada menit 22. Berawal dari umpan lambung Dries Mertens, bek Lazio mengantisipasinya dengan tidak baik. Bola yang bergulir ke David Lopez langsung ditendang dengan keras. Sayang tendangan pemain Spanyol itu masih melambung.

Callejon! Mantan pemain El Real hampir mengubah kedudukan pada menit 23. Menerima umpan Hamsik, Callejon lepas dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Marchetti. Sayang tembakannya yang sejatinya sudah mengecoh Marchetti, hanya bergulir tipis di sisi gawang.

Gol untuk Lazio! Meski tertekan oleh tuan rumah, Lazio berhasil unggul lebih dulu melalui tendangan spekulasi dari Parolo pada menit 33. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Jelang menit akhir pertandingan, Lazio menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol Candreva yang tenang berhadapan satu lawan satu dengan Andujar. Gol tersebut sekaligus menutup babak pertama.

Babak Kedua

Napoli bermain lebih taktis di babak kedua. Tekanan demi tekanan di berikan oleh tim tuan rumah.

Gol Napoli! 10 menit babak kedua berjalan, Higuain merobek jala Marchetti. Kecerdikan Callejon dalam mengirim umpan diteruskan dengan penyelesaian akhir yang baik oleh El Pipita. Kedudukan 1-2.

Lagi Napoli! Hanya selang tiga menit dari gol Higuain, tepatnya pada menit 57, Napoli hampir menambah gol melalui Hamsik andai tendangannya tidak dihalau oleh bek Lazio, Stefan de Vrij. Gol Higuain membuat Napoli kembali mendapatkan momentum. Lazio dibuat tidak berkutik hingga memasuki menit 60.

Kartu merah untuk pencetak gol Lazio, Marco Parolo, pada menit 62. Sebelumnya Parolo tleah menerima kartu kuning pada menit 55. Lazio bermain dengan 10 pemain, dalam keadaan tertekan menghadapi hujan serangan Napoli.

Higuain! Gol kedua untuk striker Argentina! Berawal dari pergerakan Mertens di sisi kiri, pemain asal Belgia lalu melepaskan umpan pendek kepada Higuain. Dengan sedkit kontrol bola, Higuain berhasil mengecoh pemain belakang Lazio untuk merobek gawang Marchetti. Skor imbang 2-2.

Drama benar terjadi pada laga ini. Kartu merah kembali keluar dari kantong wasit, kali ini untuk pemain Napoli, Faouzi Ghoulam pada menit 70. Kedua kubu bermain dengan keadaan berimbang saat ini.

Penalti untuk Napoli! Christian Maggio dijatuhkan oleh Senad Lulic tepat di kotak penalti pada menit 75. Keputusan cukup kontroversial dari wasit karena Maggio terlihat tidak terkena kontak dari tekel Lulic. Higuain yang mengeksekusi penalti gagal menceploskan bola. Bola sepakannya melambung tinggi.

Asik menyerang membuat pertahanan Napoli meninggalkan celah. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak Lazio. Pada menit 85, Ogenyi Onazi merobek jala Andujar dengan sepakan mendatarnya dari jarak dekat. Skor 3-2.

Momentum yang dibangun Napoli sepanjang 45 menit kedua langsung runtuh. Tidak ada serangan berarti memasuki menit-menit akhir.

Gol! Kembali Lazio memperlebar jarak dan memupus harapan Napoli. Kali ini penyerang gaek Miroslav Klose mengubah skor menjadi 4-2 melalui tandukannya. Gol tersebut mejadi penutup pertandingan di San Paolo.

Dengan kemenangan tersebut Lazio kokoh di perigkat ketiga dengan 69 poin. Tiket Liga Champions resmi menjadi milik Lazio.

Susunan Pemain:

Napoli (4-2-3-1): Andujar; Maggio, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Lopez, Inler (Gabbiadini 53’); Callejon, Hamsik, Mertens (Insigne 77’); Higuain.

Lazio (3-4-3): Marchetti; De Vrij, Gentiletti, Mauricio; Basta, Parolo, Cataldi (Onazi 84’), Lulic; Candreva, Djordevic (Klose 78’), Anderson (Ledesma 65’).

Berikut hasil lain giornata ke-38 Serie A:

Hellas Verona 2-2 Juventus

Atlanta 1-3 AC Milan

Cagliari 4-3 Udinese

Torino 5-0 Cesena

Fiorentina 3-0 Chiveo

Inter 4-3 Empoli

Sassuolo 3-1 Genoa

Roma 1-2 Palermo

Sampdoria 2-2 Parma

(fmh)

Berita Terkait

Serie A 2014-2015

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini