Fomenko Pelatih Baru Ukraina

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2012 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 27 51 737872 Q6ELS0jRTJ.jpg Debut Mikhail Famolenko di timnas Ukraina akan terjadi pada 6 Februari mendatang saat menghadapi Norwegia/Zimbio

KIEV – Mikhail Fomenko ditunjuk sebagai pelatih baru Ukraina menggantikan Oleg Blokhin yang mengundurkan diri pada September lalu. Fomenko menyisihkan Sven-Goran Eriksson yang sebelumnya jadi kandidat untuk jabatan ini.

 

Fomenko merupakan sosok berusia 64 tahun yang sebelumnya sempat melatih Dynamo Kiev, CSKA Kiev, dan tim nasional Guinea. Semasa jadi pemain, Famolenko sukses membawa Dynamo Kiev menjuarai Piala Winners dan Piala Super Eropa pada 1975 silam.

 

Fomenko dikontrak selama setahun dengan target membawa timnas Ukraina lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Bila target ini berhasil, kontrak Famolenko akan diperpanjang menjadi dua tahun.

 

“Saya ingin berterima kasih kepada pengurus dan presiden Federasi Sepak Bola Ukraina (FFU) atas kepercayaan ini. Saya sadar tanggung jawab yang saya emban dan tantangan yang dihadapi oleh timnas Ukraina,” kata Fomenko seperti dikutip dari situs resmi FFU.

 

“Target utama kami adalah lolos ke Piala Dunia di Brasil dan untuk mencapai ini, kami setidaknya perlu menempati posisi dua di grup,” cetus Famolenko.

 

Ukraina tergabung bersama Inggris, Polandia, Montenegro, Moldova, dan San Marino di Grup H Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Mereka kini hanya menduduki posisi kelima dengan dua poin dari tiga pertandingan.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini