Giliran Napoli Diguncang Skandal Calciopoli

Achmad Firdaus, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2012 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 27 47 709812 Axep4IGmIT.jpg Pelatih Napoli Walter Mazzarri saat beradu argumen dengan wasit (Foto: Reuters)

ROMA - Sepakbola Italia nampaknya tidak pernah bisa lepas dari yang namanya praktek pengaturan pertandingan. Kali ini, giliran Napoli yang dituduh melakukan skandal yang akrab disebut Calciopoli tersebut.

Menurut laporan Independent, jaksa penuntut dari FIGC menuding Napoli telah melakukan praktek pengaturan pertandingan saat laga melawan Sampdoria pada laga pemungkas Serie A musim 2009-2010.

Dugaan itu mencuat setelah dalam laga tersebut Napoli kalah 0-1, sekaligus membuat Sampdoria mengamankan tiket babak playoff Liga Champions. Napoli dituduh sengaja mengalah dengan imbalan uang.

Selain pihak klub, mantan kiper ketiga Napoli, Gianluca Grava dan Matteo Gianello (mantan pemain), mantan asisten pelatih Silvio Giusti, serta kapten tim Paolo Cannavaro akan menjalani investigasi.

Gianello dan Giusti dituding menjadi aktor utama dalam terjadinya skandal tersebut. Sementara Grava dan Cannavaro juga diangap bersalah karena tidak melaporkan praktek kotor tersebut, meski mengetahui.

Jika terbukti bersalah, maka Napoli terancam mendapatkan hukuman berupa pengurangan poin di musim ini. Selain itu, Cannavaro juga terancam mendapat sanksi berupa larangan tampil (sama seperti yang sebelumnya diterima pelatih Juventus Antonio Conte).

Saat ini, Napoli tengah berada di jalur perburuan scudetto. Tim besutan Walter Mazzarri saat ini menempati urutan dua klasemen sementara Serie A dengan selisih tiga poin dari Juventus di puncak clasifica.

Menyikapi tuntutan ini, Napoli masih bisa berjuang dengan melakukan banding ke National Pengadilan Arbitrase Olahraga Nasional.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini