nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Rivalitas dengan Dortmund Jadikan Bayern Lebih Kuat"

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 19 April 2012 18:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 04 19 48 614784 IYdOF4I8bw.jpg Oliver Rolf Kahn (tengah) (Foto: Reuters)

MUNICH – Sejak musim lalu, Borussia Dortmund menjelma menjadi kekuatan adidaya kedua di Bundesliga selain Bayern Munich. Rivalitas di antara keduanya pun tak terhindarkan. Tapi persaingan ini dianggap positif oleh legenda hidup Bayern, Oliver Kahn.

 

Kahn yang menjadi torwart (kiper) Bayern sejak 1994 hingga 2008, menilai adanya persaingan ketat dengan Die Scwarzgelben, akan punya hikmah yang bagus karena Bayern bisa kembali berkembang menjadi tim yang lebih tangguh.

 

Sebelum adanya persaingan dengan Dortmund, Bayern selalu menjadi penguasa Bundesliga dari tahun ke tahun. Bahkan total sudah terkumpul 22 titel Bundesmeister selama ini. Sementara, kontestan lainnya tak urung selalu menjadi tim penghibur atau hanya mampu berebut posisi runner up.

 

Tapi sejak musim lalu, Dortmund berevolusi dengan menjadi super power kedua di Bundesliga, menyaingi Bayern. Dengan adanya persaingan semacam ini, Kahn bisa memastikan bahwa Bayern takkan lagi berleha-leha dan terus menggali setiap potensi yang tersedia.

 

“Persaingan seperti itu mengartikan bahwa anda akan selalu diragukan dan hal itu akan membuat anda tak diperbolehkan bersantai dan bersikap malas-malasan. Dalam jangka menengah, Dortmung akan membuat Bayern lebih kuat,” tuturnya kepada Sport Bild, Kamis (19/4/2012).

 

Terlepas dari kemenangan Die Rote Teufel dari Real Madrid di leg pertama semi final Liga Champions, Kahn masih meragukan Bayern di musim ini bisa bangkit setelah dibekuk Dortmund, 0-1 di laga yang bisa dibilang penentu titel Bundesmeister musim ini.

 

“Jujur, saya ragu apakah Bayern bisa merespon kekalahan itu dengan positif. Jika memang tidak mampu, mereka bisa kalah di lima laga tersisa berturut-turut,” pungkas legenda Jerman berdarah Latvia tersebut.

(raw)

Berita Terkait

Bayern Munich 2011/2012

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini