nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perasaan Hampa Mendera Les Elephants

Randy Wirayudha, Jurnalis · Senin 13 Februari 2012 15:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 02 13 51 574715 aiPN6FVFyI.jpg Timnas Pantai Gading terduduk lesu usai kalah di final Piala Afrika 2012 lewat adu penalti (Foto: Reuters)

LIBREVILLE – Selesai sudah harapan Pantai Gading untuk merebut Piala Afrika tahun ini untuk yang kedua kalinya. Rasa kecewa dan hampa hati, terasa menusuk jantung Didier Drogba cs. Mereka tak pernah menduga harus kalah dalam drama adu penalti.

 

Memang, sepakbola kerap sulit diprediksi. Tapi yang membuat banyak publik heran, para pemain bintang Les Éléphants yang berlaga di Eropa, selalu gagal menembus gawang Zambia selama 120 menit.

 

Bahkan jelas-jelas peluang terbuka Drogba lewat titik putih di menit ke-70 pun, harus kandas. Drama adu penalti pun harus dihelat dan hasilnya kontradiktif dari harapan semula. Unggulan tumbang dan takdir menentukan sang underdog yang pulang membawa trofi.

 

“Kekecewaan kami sangat besar dan kesedihan menerpa perasaaan kami. Kesal hati yang kami rasakan malam ini (dini hari tadi.red). Padahal saya sudah mengantisipasi permainan yang menyulitkan, karena saya tahu final ini takkan mudah,” ungkap pelatih Pantai Gading, François Zahoui.

 

“Kami memang memulai laga dengan kurang baik, tapi kami sempat punya kesempatan emas, seperti penalti yang kami dapat, harusnya sudah membunuh mereka. Tapi kami gagal dan Zambia bangkit. Itulah sepakbola,” terang mantan pemain Ascoli tersebut.

 

Soal motivasi, Pantai Gading boleh dibilang tak kalah motivasi. Jika Zambia punya kenangan kelam tentang kecelakaan tahun 1993, Pantai Gading juga punya, yakni terkait masalah dalam negeri dan impian mereka menjadi raja Afrika untuk kedua kalinya.

 

“Pemain Zambia punya sejarah, tapi kami juga menginginkan trofi itu. Kami ingin mengklaim titel tahun ini demi situasi dalam negeri di Pantai Gading,” paparnya lagi sembari menutup, seperti disitat NDTVSports, Senin (13/2/2012).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini