Share

Gara-gara Messi, Barca Urung Digdaya

Randy Wirayudha, Okezone · Kamis 02 Februari 2012 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 02 46 567917 iaBFv8L2sX.jpg Foto: Barcelona tertahan 1-1 di kandang Valencia

VALENCIA – Barcelona harus puas mengakhiri leg pertama semi final Copa del Rey, dengan hasil imbang 1-1 tatkala berkunjung ke Mestalla, markas Valencia. Barca bisa saja menang jika saja Lionel Messi tak gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti.

Lionel Messi yang memiliki kans pertama lewat tendangan bebasnya. Tapi sayang, meski jarak sudah dekat dari kotak penalti, tembakan kaki kiri Messi masih melenceng tipis ke kanan gawang Valencia yang dikawal Diego Alves.

Tempo permainan pun berubah cepat, di mana empat menit berselang, Pablo Piatti nyaris mencetak gol kemenangan. Piatti yang sempat tak terkawal, kehilangan momentum, sehingga mampu dikejar Carles Puyol dan Cesc Fabregas, akibatnya tembakan Piatti yang sudah dekat dengan Jose Pinto, mampu diblok Puyol di menit ke-11.

Gol pembuka tuan rumah yang ditunggu-tunggu pun akhirnya lahir di menit ke-27. Aktornya adalah Jonas Oliveira yang berdiri bebas tak terkawal. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Ever Banega, Jonas dengan ‘nyaman’ tanpa hadangan bek-bek Blaugrana, melepaskan sepakan keras yang tak terbendung ke arah kiri atas Pinto. Papan skor berubah 1-0.

Sayang, keunggulan tuan rumah itu tak bertahan lama, pasalnya Capitan Barcelona menjadikan kedudukan kembali imbang. Adalah tandukan Puyol yang merobek sarang Alves di menit ke-35, yang memanfaatkan umpan tendangan sudut. Skor 1-1 pun bertahan hingga masa rehat.

El Messiah langsung menggebrak pertahanan Los Che di menit-menit awal babak kedua. Menerobos masuk ke pertahanan Valencia, Messi sempat membuat cemas Entrenador Valencia, Unai Emery. Beruntung, hakim garis menganulir gol Messi di menit ke-48 karena sudah terperangkap jebakan offside.

Messi kembali menjadi momok bagi Valencia, berkat aksinya yang nyaris membalikkan keunggulan di menit ke-52. Lepas dari dua kawalan bek Valencia, Messi yang melepaskan tendangan dari kaki kirinya, tak mampu mengarahkan bola ke tujuan yang tepat. Tendangannya hanya tipis melambung ke udara.

Kans besar untuk mengubah skor bagi Barca, sejatinya terbuka lebar di menit ke-56. Berawal dari tekel Miguel Brito kepada Thiago Alcantara di area kotak penalti, membuat wasit Jose Luis Gonzalez Gonzalez menunjuk titik putih.

Sayang seribu sayang, Messi yang kerap sukses menjadi algojo penalti, kali ini gagal. Tendangan kaki kirinya terbaca baik oleh portero Valencia. Bola pun diselamatkan dengan gemilang oleh Alves yang bergerak ke kiri, sejurus dengan tendangan Messi. Gagal-lah kesempatan emas sang mega bintang.

Peluang emas nampaknya belum berhenti mengalir untuk Barcelona. Daniel Alves hampir membuat publik Mestalla terdiam di menit ke-73. Aksi umpan pendek 1-2 dengan Lionel Messi, membuat Dani Alves lepas dari kawalan.

Tapi, ketika sudah berhadapan dengan kiper Valencia, Alves yang begitu bernafsu malah gagal dan tendangan kerasnya hanya membentur tiang jauh. Setelah sejumlah upaya dilakukan kedua tim, akhirnya pertandingan pun harus puas diakhiri dengan skor imbang 1-1.

Susunan Pemain:

Valencia: Diego Alves, Miguel Brito, Jérémy Mathieu, Jordi Alba, Victor Ruíz, David Albelda/Tino Costa (67’), Éver Banega, Roberto Soldado, Jonas Oliveira/Aritz Aduriz (75’), Pablo Piatti/Sofiane Feghouli (59’)

Barcelona: José Pinto, Carley Puyol, Éric Abidal, Gerard Piqué, Sergio Gómez, Javier Mascherano, Francesc Fàbregas, Thiago Alcântara/Jonathan Dos Santos (79’), Lionel Messi, Alexis Sánchez/Daniel Alves (63’), Isaac Cuenca/Cristian Tello (88’)

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini