Hooligan Ajax Diganjar 30 Tahun Larangan ke Stadion

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 26 Desember 2011 03:24 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 26 50 547101 ISVdJS2Rma.jpg Foto: Aksi kiper AZ Alkmaar saat menendang hooligan Ajax/Daylife

AMSTERDAM - Masih ingat insiden tendangan yang dilakukan kiper AZ Alkmaar terhadap seorang hooligan yang menerobos masuk ke lapangan? Ya, fans fanatik sepak bola tersebut akhirnya mendapat sanksi berat. Apa itu?

Rabu lalu, laga Ajax Amsterdam kontra AZ Alkmaar di Amsterdam Arena pada ajang Piala Belanda terganggu dengan ulah seorang fans fanatik Ajax (hooligan) yang menyerobot masuk ke lapangan dan coba menyerang kiper Alkmaar. Namun, belum sempat beraksi (berbuat onar), hooligan tersebut justru ketiban sial. Dia mendapatkan dua kali tendangan dari kiper Almaar, Esteban Alvarado.

Nah kali ini, kesialannya bertambah setelah pihak Ajax selaku tuan rumah memberikan “hukuman” tambahan buatnya. Sebagaimana diterbitkan Koran Belanda, De Volkskrant, Sabtu (24/12/2011) lalu, hooligan yang namanya dirahasiakan tersebut mendapat sanksi larangan memasuki Amsterdam Arena selama 30 tahun! Demikian sebagaimana dikutip Super Sport, Senin (26/12/2011).

Selain dilarang masuk stadion, hooligan yang diketahui baru berusia 19 tahun ini juga tidak boleh berada di arena Stadion (meskipun hanya di pelataran luar). Sebelumnya, hooligan ini juga harus mendekam di dalam tahanan selama 14 hari. Hukuman ini sendiri merupakan yang terlama diberikan oleh pihak klub kepada seorang supporter. Namun, hukuman tersebut dirasa pantas karena saat itu, sang hooligan juga tengah menjalani sanksi larangan masuk ke stadion, karena bertindak rusuh. Namun, dia berhasil masuk stadion karena meminta rekannya membelikan tiket.

Ulah hooligan ini diketahui mengakibatkan pertandingan dihentikan, karena kubu Alkmaar enggan melanjutkan laga tidak puas dengan keputusan wasit yang memberikan kartu merah kepada kipernya (Alvarado) yang melakukan tendangan kepada sang hooligan. Namun, beberapa hari berselang, hukuman untuk Alvarado dibatalkan KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda). Hingga kini, KNVB belum memutuskan kapan lanjutan pertandingan tersebut digelar.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini