nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Madrid Ciptakan Semifinal Idaman

Achmad Firdaus, Jurnalis · Kamis 14 April 2011 03:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 04 14 261 445765 1lmumRWK7F.jpg Foto: Cristiano Ronaldo merayakan gol semata wayangnya ke gawang Tottenham Hotspur/Getty Images

LONDON - Real Madrid mewujudkan impian publik seantero dunia untuk melihat laga El Clasico di pentas Eropa. Kemenangan tipis 1-0 atas Tottenham Hotspur pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions, Kamis (14/4/2011) dini hari WIB, membawa El Real menantang seteru abadinya Barcelona di semifinal.

Bermain di bawah dukungan penuh publik White Hart Lane, Spurs langsung menggebrak. Masuk menit keempat, Gareth Bale menebar teror saat menyisir sisi kanan pertahanan Madrid dan menerobos kotak penalti, sebelum akhirnya terjatuh karena terlibat kontak dengan Xabi Alonso. Klaim penalti sempat disuarakan pemain Spurs, namun wasit bergeming dan memutuskan play-on.

Selang dua menit kemudian, Bale kembali merepotkan pertahanan Madrid. Penetrasinya di sisi kanan pertahanan El Real diakhiri dengan sebuah umpan yang masih bisa diamankan Sergio Ramos. Namun, bola sapuan Ramos jatuh ke kaki Luka Modric yang juga terjatuh di kotak penalti. Namun, lagi-lagi wasit enggan menunjuk titik putih.

Madrid yang tampil lebih memfokuskan pada penguasaan bola sempat mengancam melalui megabintangnya Cristiano Ronaldo di menit ke-13. Sayang, penetrasi CR7 yang diakhiri dengan tembakan masih mampu diblok Michael Dawson.

Spurs yang memaksa Madrid bermain dengan tempo cepat kembali memiliki peluang Roman Pavlyuchenko yang menerima umpan Aaron Lennon yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Madrid. Sayangnya, tembakan yang dilepaskan bomber timnas Rusia masih melintas di atas mistar Iker Casillas.

Dua menit kemudian, Spurs untuk kali ketiga mendesak wasit menunjuk titik putih. Kali ini, Pavlyuchenko yang dijatuhkan Raul Albiol di kotak terlarang. Namun, untuk ketiga kalinya juga wasit Nicola Rizzoli tidak memberikan hadiah penalti.

Memasuki menit ke-38, publik White Hart Lane sempat bergemuruh menyambut gol Bale. Sayang eksekusi Bale yang menyambut umpan Modric, dianulir wasit karena dia sudah terperangkap dalam posisi offside. Skor kacamata menutup babak pertama.

Lima menit babak kedua di mulai, ribuan pendukung Spurs terhenyak saat melihat Heurelho Gomes melakukan kesalahan fatal saat mencoba mengamankan tembakan keras Ronaldo dari luar kotak penalti. Bola sebenarnya sempat mengenai tangan Gomes, namun karena kencangnya tendangan CR7, bola akhirnya meluncur ke gawang. 1-0 untuk Madrid.

Berhasil mencetak satu gol, pelatih Jose Mourinho nampaknya menilai peluang timnya sudah aman. Pasalnya, Spurs dituntut mencetak enam gol untuk bisa lolos ke semifinal. Pelatih berjuluk The Special One mulai bermain aman dengan menarik Sergio Ramos yang sebelumnya sudah mendapat kartu kuning dan memasukkan Esteban Granero di menit ke-57. Hal ini juga dimaksudkan agar Ramos tetap bugar saat Madrid melakoni laga penting di La Liga menghadapi seteru abadinya Barcelona, akhir pekan nanti.

Sementara di lain kubu, pelatih Harry Redknapp yang nampak masih ngotot memasukkan Jermaine Defoe menggantikan Lennon demi menambah daya gedor timnya. Sesaat sebelum itu, Pavlyuchenko sempat mendapat peluang emas. Namun sundulannya masih melintas di atas mistar.

Memasuki menit ke-65, Mou kembali melakukan perubahan dengan menarik Ronaldo dan memasukkan Kaka. Dua menit masuk lapangan, Kaka langsung menebar ancaman dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Beruntung, Gomes berhasil melakukan penyelamatan gemilang dalam menghalau sepakan mantan bintang AC Milan itu.

Spurs yang tidak ingin kehilangan muka di hadapan pendukungnya mencoba keras mencetak gol penyeimbang. Defoe sempat memberikan ancaman di menit 74, namun masih bisa dibendung Casillas. Meski sempat menciptakan sejumlah peluang di sisa waktu, Spurs tetap tidak mampu mencetak sebiji gol pun hingga wasit meniup peluit panjang. Mereka pun harus menerima kekalahan dengan agregat 5-0.

Sementara itu, kemenangan ini akan mengantar Madrid berhadapan dengan rival abadinya Barcelona yang sehari sebelumnya sudah memastikan tiket semifinal. Madrid dan Barca dipastikan akan bentrok empat kali di sisa musim ini (Dua laga di semifinal Liga Champions, Final Copa Del Rey dan yang terdekat duel El Clasicc La Liga akhir pekan ini).

Susunan Pemain:

Tottenham Hostspur: Heurelho Gomes; Vedran Corluka, Michael Dawson, William Gallas, Benoit Assou-Ekotto; Aaron Lennon/Jermaine Defoe (55’), Tim Huddlestone/Sandro (70’), Luka Modric, Gareth Bale; Rafael Van der Vaart, Roman Pavlyuchenko.

Real Madrid: Iker Casillas; Sergio Ramos/Esteban Granero (57’), Ricardo Carvalho, Raul Albiol, Alvaro Arbeloa; Xabi Alonso/Karim Benzema (74’), Sami Khedira, Cristiano Ronaldo/Kaka (65’), Mesut Ozil, Marcelo; Emmanuel Adebayor.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini