Share
Foto: Carles Puyol/Reuters

Madrid Kembali Tak Berkutik

Hendra Mujiraharja

Kamis, 19 Januari 2012 - 05:55 wib

MADRID - Barcelona kembali berhasil membuat juara bertahan Copa del Rey Real Madrid tak berkutik di kandang sendiri. Blaugrana menang dengan skor 2-1 di pertandingan babak perempatfinal leg pertama Copa del Rey.
 
Dalam pertandingan yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Kamis (19/1/2012) dini hari WIB, entranador Jose Mourinho membuat sedikit kejutan pada taktiknya dengan memainkan Ricardo Carvalho dan Hamit Altintop. Taktik ini cukup berhasil pada babak pertama.
 
Pada menit 11, Ronaldo membuka kran keunggulan tim tuan rumah. Berawal dari pergerakan di sayap kiri, Ronaldo sedikit mengecoh Gerard Pique, sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak mampu dihadang Jose Maria Pinto.
 
Barca mencoba untuk menyamakan kedudukan peluang didapat oleh Alexis Sanchez pada menit 16. Sayang, sundulan Sanchez yang memenangi duel dengan dua pemain belakang Madrid, masih menyapa mistar gawang Iker Casillas.
 
Barca terus menekan pertahanan Madrid. Pada menit 26, Blaugrana kembali mendapatkan peluang. Kali ini melalui pemain terbaik dunia tiga kali Lionel Messi. Namun, tendangan Messi masih mampu ditepis oleh Casillas.
 
Tiga menit kemudian, giliran Andres Iniesta yang mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Lagi-lagi, tendangan Iniesta masih melambung dari gawang Casillas. Skor 1-0 untuk keunggulan Madrid bertahan hingga babak pertama usai.
 
Barca kembali mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, tim tamu berhasil menyamakan kedudukan empat menit babak kedua baru berlangsung. Berawal dari sepak pojok Xavi, tandukan Carles Puyol menggetarkan gawang Casillas. Skor berubah 1-1.
 
Madrid kembali berusaha mengungguli Barca. Pada menit 58, berawal dari pergerakan Altintop dari sayap kanan yang memberikan umpan lambung, bola langsung ditanduk Benzema. Beruntung, bola hanya menerpa mistar gawang Pinto.
 
Usaha Barca untuk menjebol gawang Casillas membuahkan hasil juga. Menit 77, bek sayap Eric Abidal berhasil menggetarkan gawang Madrid. Memanfaatkan umpan terobosan Messi, Abidal dengan tenang membobol gawang Casillas. Skor berubah 2-1 untuk Barca.
 
Seperti biasa, pertandingan ini berlangsung sangat keras. Tak jarang, ini membuat wasit mengeluarkan kuning. Meski demikian, Puyol dkk berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 hingga pertandingan berakhir.
 
Susunan Pemain
Real Madrid (4-3-3): Casillas; Altintop, Carvalho, Ramos, Coentrao; Pepe (Granero 80), Xabi Alonso, Diarra (Callejon 68); Ronaldo, Benzema, Higuain (Ozil 68).
 
Barcelona (4-3-3): Pinto; Alves, Pique, Puyol, Abidal; Xavi (Alcantara 86), Busquets, Iniesta; Messi, Fabregas (Cuenca 88), Sanchez (Adriano 82).
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 West Bromwich Albion 6
    3 Watford 4
    4 Liverpool 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Sociedad 3
    2 Leganes 3
    3 Valencia CF 3
    4 Athletic Madrid 1
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 Napoli 3
    3 Udinese 0
    4 Bologna FC 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3