Share

Penyebab Marko Simic Menang Gugatan di FIFA atas Persija Jakarta

Maulana Yusuf, Okezone · Kamis 16 Maret 2023 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 16 49 2782495 penyebab-marko-simic-menang-gugatan-di-fifa-atas-persija-jakarta-CvjLKKRDfO.jpg Pemain Persija Jakarta, Marko Simic. (Foto: Instagram/persija)

PENYEBAB Marko Simic menang gugatan di FIFA atas Persija Jakarta akan dibahas Okezone di artikel ini. Perlu diketahui, penyerang asal Kroasia tersebut memenangkan gugatan di FIFA atas Macan Kemayoran –julukan Persija Jakarta- soal sengketa gaji.

Jauh sebelum memenangkan gugatan itu, Marko Simic awalnya memiliki perselisihan dengan Persija Jakarta yang terjadi di masa pandemi Covid-19 (periode Mei 2020-April 2022). Tepatnya setelah PSSI membuat kebijakan pemotongan gaji pemain kepada klub-klub Indonesia.

Saat itu, PSSI melalui surat keputusan bernomor SKEP/48/III/2020, menyatakan klub Indonesia wajib membayar maksimal 25 persen dari nominal kontrak untuk periode Maret hingga Juni 2020. Keputusan ini diambil setelah operator kompetisi yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerima usulan klub-klub dengan dalih kondisi force majeure imbas wabah Covid-19.

Dalam hal ini, setiap pemain hanya berhak mengantongi 25 persen dari gaji semestinya. Marko Simic pun awalnya mencoba memaklumi kebijakan ini dan mencoba bertahan di Macan Kemayoran. Semenjak itu, predator asal Kroasia tersebut mulai mengalami konflik dengan Persija Jakarta.

Marko Simic

Marko Simic pun mengaku gajinya selama setahun ditunggak oleh Persija Jakarta. Hingga pada akhirnya, puncak konflik antara kedua belah pihak terjadi ketika Marko Simic mengumumkan masalah penunggakan gajinya di Persija pada 26 April 2022 dan mengadu ke FIFA.

"Dengan berat hati saya harus mengumumkan bahwa saya telah mengakhiri kontrak secara sepihak dengan Persija Jakarta karena klub telah melanggar kontrak setelah tidak membayar gaji selama satu tahun," tulis Marko Simic di Instagram pribadinya, pada 2022 lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

"Persija Jakarta tidak membayar gaji saya sesuai yang disepakati dalam kontrak sebelum era COVID-19. (Pembayaran) tidak dilakukan selama era COVID-19 dan bahkan setelahnya," tulis Simic di akun media sosialnya, menjawab pernyataan Persija,” tambah pernyataan bomber 35 tahun itu.

Setelah mengadu, FIFA pun membuat keputusan pada September 2022 lalu. Hasilnya, Marko Simic memenangi gugatan di FIFA dan Persija dinyatakan terbukti bersalah karena telah menunggak gaji sehingga harus membayar semua hak-hak penyerang 35 tahun itu.

Dalam keterangan resmi FIFA, Dispute Resolution Chamber mewajibkan Persija membayar sejumlah tunggakan gaji dari Mei 2020 hingga April 2022. Keputusan Dispute Resolution Chamber menyebut kompensasi yang harus dibayarkan Persija kepada Simic adalah 1.301.048 dolar AS ditambah Rp745.172.221. Secara keseluruhan, Persija harus membayar gaji, bonus, dan bunga Marko Simic hingga puluhan miliar rupiah.

Marko Simic

Sebagai informasi, Marko Simic resmi bergabung ke Persija Jakarta pada 27 September 2017. Debutnya bersama Macan Kemayoran terjadi pada laga persahabatan lawan Persika Karawang, 30 Desember 2017.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini