Share

4 Cara Menentukan Kualitas Seorang Bek dalam Sepakbola, Nomor 1 Mindset Pemain!

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Rabu 25 Januari 2023 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 51 2752729 4-cara-menentukan-kualitas-seorang-bek-dalam-sepakbola-nomor-1-mindset-pemain-bF8cjHVqws.JPG Berikut 4 cara menentukan kualitas seorang bek dalam sepakbola (Foto: Reuters)

SEBANYAK 4 cara menentukan kualitas seorang bek dalam sepakbola akan Anda ketahui dalam artikel Okezone. Pesepakbola yang mengisi posisi di lini belakang atau bertahan memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

Seorang bek membantu lini pertahanan tim bila sedang diserang tim lawan. Namun, pemain bertahan yang memiliki kualitas tinggi harus lebih dari itu.

Dalam lini belakang, tidak boleh sembarang pemain yang mengisi pos tersebut. Lantas, bagaimana cara menentukan kualitas pemain untuk mengisi posisi satu ini? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Berikut Cara Menentukan Kualitas Seorang Bek dalam Sepakbola

4. Postur Tubuh

Virgil Van Dijk

Postur tubuh menjadi modal dasar bagi seorang pemain belakang. Sebab bila seorang bek mempunyai badan yang ideal atau tinggi besar, akan mudah berduel atau memblok pemain depan lawan.

Badan yang tinggi juga menjadi keuntungan seorang bek, untuk memenangkan duel-duel udara dengan pemain lawan. Sebut saja dua pemain bertahan kelas dunia yakni Sergio Ramos dan Virgil Van Dijk yang sangat cocok menjadi contoh dalam postur tubuh ideal seorang bek.

3. Kecepatan

Andy Robertson

Tinggi besar juga mempunyai kelemahan yakni dengan kecepatan bek. Oleh sebab itu kecepatan merupakan atribut penting untuk seorang pemain bertahan.

Kecepatan berfungsi untuk mengcover serangan balik lawan. Bila tidak mempunyai kecepatan maka pemain lawan bisa langsung berhadapan dengan kiper sehingga berpotensi kebobolan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Keterampilan Teknis

Virgil Van Dijk

Seorang bek harus memiliki teknis atau skil bertahan yang mumpuni. Seperti tekel bola dengan tepat dan memotong aliran bola yang dilancarkan lawan.

Tidak hanya itu, keberanian juga harus dimiliki dalam duel satu lawan satu untuk seorang bek. Hal tersebut dilakukan agar para pemain depan tim lawan kesulitan untuk mencari celah dalam mencetak gol.

1. Mengembangkan Pikiran

Sergio Ramos

Selain bermain bertahan, seorang bek juga diperlukan dalam ketika timnya tengah menyerang. Mereka kerap kali dibutuhkan kala momen seperti tendangan bebas atau sepak pojok.

Tentunya, perlu kepercayaan diri bagi seorang bek untuk maju ke depan dan membantu lini serang. Pikiran mereka juga perlu tenang ketika mendapat hadangan dari para pemain bertahan tim lawan.

Jika bisa mengatasi satu ini, maka kemungkinan pemain lawan lah yang akan kebingungan dalam bertahan. Hal tersebut bisa menjadi keuntungan bagi sang pemain untuk menerima umpan dan mencetak gol baik dengan sundulan ataupun tendangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini