Share

Alasan Borneo FC Samarinda Dijuluki Pesut Mahakam

Insan Kamil Rizqilillah, Okezone · Jum'at 20 Januari 2023 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 49 2750125 alasan-borneo-fc-samarinda-dijuluki-pesut-mahakam-NJf0cqYjlp.jpg Berikut alasan kenapa Borneo FC Samarinda dijuluki Pesut Mahakam (Foto: Instargram/borneofc.id)

ALASAN Borneo FC Samarinda dijuluki Pesut Mahakam akan Anda ketahui dalam artikel Okezone. Borneo FC saat tengah bersaing di papan atas Liga 1 2022-2023.

Borneo FC sendiri merupakan klub sepakbola Indonesia yang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur. Borneo FC lahir usai mengakuisisi klub Perseba Super Bangkalan hingga akhirnya menggantikan posisi Persisam Samarinda sebagai klub asal Samarinda yang berkompetisi di Divisi Utama Liga Indonesia 2014.

Borneo FC

Borneo FC sendiri bermarkas di Stadion Segiri. Stadion yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur ini mampu menampung sekitar 12,000 penonton. Nabil Husein Said Amin adalah Presiden Borneo FC. Sebelumnya Nabil Husein Said Amin sendiri merupakan ketua koordinator wilayah Pusamania di Malaysia.

Presiden dari Borneo FC tersebut bertekad ingin membawa kembali kejayaan sepakbola Samarinda di kancah nasional. Borneo FC resmi berdiri pada 7 Maret 2014, setelah mengakuisisi Perseba Super Bangkalan.

Klub yang menjadi runner-up di Piala Presiden 2022 ini ternyata memiliki julukan yang unik. Borneo FC dijuluki sebagai Pesut Etam dan lambang klub ini juga menggambarkan hewan yang bernama latin Orcaella Brevirostris.

Borneo FC memang dikenal memilih ikan pesut sebagai ikon klub. Ikan yang dikenal sebagai lumba-lumba air tawar ini juga menjadi asal julukan bagi klub asal Samarinda. Bagi Borneo FC pesut bukan hanya sekadar julukan dan lambang di dada, tetapi juga makhluk hidup yang harus dijaga habitatnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Salah satu ikan yang hidup di perairan Sungai Mahakam ini kini jumlahnya semakin berkurang. Salah satu faktor yang membuat jumlah ikan ini kian berkurang yaitu semakin padatnya lalu lintas di perairan sungai tersebut.

Borneo FC

Ikan ini disebut mirip seperti lumba-lumba lantaran memiliki sirip punggung, aktif melompat di atas permukaan air, dan lubang nafasnya yang ada satu di atas kepala. Pesut Mahakam juga termasuk sebagai jenis satwa yang berstatus critically endangered atau terancam punah.

Sehingga Borneo FC mengajak berbagai pihak untuk terus melakukan observasi supaya hewan lucu ini tetap hidup. Ada pula masyarakat yang berharap kampanye Pesut Etam tersebut bisa diikuti oleh kontingen klub Liga 1 lainnya. Mereka pun berharap pihak klub memberi perhatian lebih kepada hewan yang terancam punah ini, apalagi hewan tersebut melambangkan kebesaran klub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini