Share

Exclusive dari Qatar: Louis Van Gaal Tanggapi Nada-Nada Sumbang Seputar Permainan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Abdul Haris, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 51 2723786 exclusive-dari-qatar-louis-van-gaal-tanggapi-nada-nada-sumbang-seputar-permainan-timnas-belanda-di-piala-dunia-2022-Ib91M0jRwk.JPG Louis Van Gaal sering dikritik karena permainan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

LOUIS Van Gaal tanggapi nada-nada sumbang seputar permainan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Eks juru taktik Manchester United itu menjawab santai bahwa hal ini adalah demi memenangkan trofi.

Der Oranje – julukan Timnas Belanda – sukses melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022. Di babak ini, mereka akan menghadapi Argentina di Stadion Lusail, Sabtu 10 Desember 2022 dini hari WIB.

Timnas Belanda

Meski begitu, kritik terus mendera pelatih berusia 71 tahun itu karena dianggap menghilangkan tradisi permainan Total Football Belanda.

“Sepakbola telah berevolusi, dan menjadi jauh lebih sulit daripada 20 tahun yang lalu untuk bermain ofensif seperti yang dulu dilakukan Ajax Amsterdam,” ujarnya pada jumpa pers jelang Belanda vs Argentina, Kamis (8/12/2022).

“Dan jika Anda tidak melihat atau memahami ini, maka menjadi sangat sulit untuk dibayangkan bahwa inilah jalan yang harus kami ikuti,” katanya.

Dalam perjalanan kariernya, Van Gaal pernah memainkan sepakbola yang lebih atraktif bersama Ajax Amsterdam dan Barcelona. Banyak trofi yang berhasil dipersembahkannya.

Dia mengubah gaya bermainnya saat menukangi Belanda pada Piala Dunia 2014. Hasilnya, Der Oranje sukses bersaing hingga babak semifinal sebelum akhirnya dikalahkan Argentina lewat adu penalti.

“Saat saya datang dengan sistem yang lebih defensif ini di tahun 2014, kemudian juga saya menerima segala macam kritik. Tapi sekarang separuh dunia bermain seperti ini,” ucapnya.

“Sepakbola telah berkembang dalam aspek ini. Dan Anda lihat selama Piala Dunia ini, hasilnya, secara umum, memiliki skor rendah, bahkan dari negara teratas melawan tim yang lebih kecil. Karena bertahan dengan kompak lebih mudah daripada menyerang,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Van Gaal menegaskan, semua tergantung taktik yang dimainkan. Pemilihan strategi itu berdasarkan siapa lawan yang akan dihadapi oleh Belanda.

Louis van Gaal

“Dan sekarang sepertinya kami hanya bertahan. Kebohongan ini mengganggu saya. Kami mencoba memberikan tekanan, sevariatif mungkin,” dia menjelaskan.

“Melawan satu tim, kami mungkin mulai menekan di tengah jalan,melawan tim lain, kami menekan mereka sejak kiper mereka menendang bola. Dan ini tergantung pada rencana taktik,” katanya.

Eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich ini menegaskan kembali bahwa permainannya bertujuan untuk meraih trofi. Baginya, tidak ada kegunaan bermain cantik jika menderita kekalahan.

“Dan kami adalah negara yang memiliki kesempatan untuk menjadi juara dunia. Karena saya berharap kami adalah tim terbaik,” dia menegaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini