Share

Exclusive dari Qatar: Bangsa Arab Bersatu Kirim Doa untuk Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

Abdul Haris, MNC Portal · Kamis 08 Desember 2022 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 51 2723207 exclusive-dari-qatar-bangsa-arab-bersatu-kirim-doa-untuk-timnas-maroko-di-piala-dunia-2022-3oWuwdoWvp.JPG Para pemain Timnas Maroko merayakan keberhasilan melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2022 usai tumbangkan Spanyol (Foto: Reuters)

KESUKSESAN Timnas Maroko tembus ke perempatfinal Piala Dunia 2022 disambut gembira oleh pencinta sepakbola Maroko. Namun, bukan hanya publik Maroko saja yang menyambut baik hasil positif tersebut.

Negara-negara Arab juga ikut senang dengan pencapaian tim berjuluk Singa Atlas tersebut. Bahkan, bangsa Arab turut mengirimkan doa agar Maroko bisa mulus di Piala Dunia 2022.

Maroko

Sekadar diketahui kembali, Maroko melaju ke 8 besar setelah membungkam salah satu unggulan, Spanyol. Singa Atlas menghajar Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 3-0.

Torehan itu menjadi sukses perdana Negeri Maghribi itu melaju ke perempat final Piala Dunia. Mereka juga menjadi tim Afrika keempat yang berhasil menembus perempatfinal dalam sejarah Piala Dunia setelah Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

Pelatih Timnas Maroko Walid Regragui pun mencetak sejarah menjadi arsitek Afrika pertama, yang membawa pasukannya lolos ke perempatfinal Piala Dunia. Menyambut torehan positif itu, Menteri Kebudayaan, Pemuda, dan Komunikasi Maroko, Mohammad Mahdi Bensaid sangat bangga melihatnya.

“Para menteri negara Arab menyampaikan ucapan selamat yang paling hangat untuk Maroko, termasuk Raja, pemerintah, dan rakyat, setelah kualifikasi bersejarah tim sepak bola nasional untuk perempatfinal Piala Dunia,” ucap Mohammad Mahdi Bensaid, dikutip Morocco World News, Kamis (8/12/2022).

Mohammad Mahdi Bensaid menambahkan, para Menteri mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaan yang besar atas pencapaian Singa Atlas. Ia menekankan bahwa seluruh Bangsa Arab merayakan kemenangan Maroko.

Pernyataan tersebut disampaikan para menteri dalam Konferensi Menteri yang Bertanggung Jawab atas Urusan Kebudayaan di Dunia Arab edisi ke-23, yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi.

Follow Berita Okezone di Google News

Bukan hanya para Menteri, para keluarga kerajaan Arab pun ikut mendukung Timnas Maroko di Piala Dunia 2022. Sheikha Moza binti Nasser, istri mantan Emir Qatar, Hamad Ben Khalifa, memposting gambar di Instagram di mana dia mengenakan simbol merah Maroko, memuji Singa Atlas.

Maroko

“Selamat kepada Timnas Maroko karena lolos ke perempat final,” tulisnya dalam keterangan foto di Instagram.

Ada juga unggahan Permaisuri Yordania Rania Al Abdullah yang menyerukan kebahagiaannya atas sukses Maroko. “Singa Atlas, kamu membuat kami bahagia, Wow! #Maroko kamu melakukannya lagi,” tulisnya di Twitter.

Putri Sheikha Moza, Sheikha Al Mayassa Binti Hamad-al Thani ikut-ikutan menyampaikan ucapan selamatnya. Menurutnya, ini adalah sukses bangsa Arab dan Afrika. Dia menyoroti fakta Maroko adalah negara Arab pertama dan negara Afrika keempat yang berhasil mencapai perempatfinal Piala Dunia.

Sang putri juga mengenang tembakan penalti kemenangan Achraf Hakimi melawan Spanyol. “Gol terakhir yang membuat sejarah,” katanya di Instagram.

Maroko

Sebelumnya, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani muncul dalam sebuah video baru yang menunjukkan dia dengan hormat merayakan kemenangan Maroko melawan Spanyol.

Ini bukan pertama kalinya Emir Qatar tampil dalam video merayakan tim Singa Atlas.  Sepanjang Piala Dunia 2022, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tampil mengibarkan bendera Maroko dan tertawa serta tersenyum ke arah kamera dan fans Maroko mendukung upaya tim dari Negeri Maghribi itu.

Selanjutnya, Maroko bakal bersua Portugal di perempatfinal Piala Dunia 2022. Hakim Ziyech dkk akan bertanding pada Sabtu, 10 Desember 2022 malam pukul 22.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini