Share

5 Penyebab Timnas Portugal Bakal Kesulitan Hadapi Swiss di 16 Besar Piala Dunia 2022, Nomor 1 Gara-Gara Cristiano Ronaldo

Reinaldy Darius, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 51 2721949 5-penyebab-timnas-portugal-bakal-kesulitan-hadapi-swiss-di-16-besar-piala-dunia-2022-nomor-1-gara-gara-cristiano-ronaldo-znYeluemRo.JPG Cristiano Ronaldo justru bisa bikin Portugal kesulitan ketika menghadapi Swiss (Foto: REUTERS)

SEBANYAK 5 penyebab Timnas Portugal bakal kesulitan hadapi Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya gara-gara Cristiano Ronaldo.

Selecao das Quinas – julukan Timnas Portugal – berhasil lolos sebagai juara Grup H. Namun, mereka menderita hasil mengejutkan di laga terakhir fase grup ketika dikalahkan Korea Selatan dengan skor 1-2.

Timnas Portugal

Penampilan Portugal tidak bisa dibilang meyakinkan sepanjang turnamen ini, dan Rossocrociati – julukan Timnas Swiss – punya kemampuan untuk menyingkirkan tim besar. Prancis misalnya, yang dipulangkan di babak 16 besar Piala Eropa 2020 oleh Granit Xhaka dan kolega.

Setidaknya, ada lima hal yang bisa menyebabkan Portugal kesulitan di laga yang akan dimainkan Rabu, 7 Desember 2022 dini hari nanti WIB. Apa sajakah itu? Silakan simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Penyebab Timnas Portugal Bakal Kesulitan Hadapi Swiss di 16 Besar Piala Dunia 2022

5. Swiss Punya Elemen Kejutan

Yann Sommer

Seperti yang telah disinggung di atas, Swiss pernah memulangkan Prancis dari Piala Eropa 2020. Mereka melakukannya melalui adu penalti, namun itu bukanlah satu-satunya bukti bahwa Swiss adalah tim kuat.

Pada tahun ini, Swiss mengalahkan Portugal dan Spanyol secara beruntun di UEFA Nations League. Mereka mengalahkan Portugal 1-0 di kandang pada Juni 2022 dan membuat Spanyol terpuruk di markasnya sendiri dengan skor 1-2 pada September 2022.

4. Penyerang Swiss Sedang On Fire

Breel Embolo

Swiss memiliki banyak pemain ternama dan penyerang mereka sedang berada dalam kondisi yang baik. Xherdan Shaqiri sering kali menjadi pembeda di ajang-ajang besar meski tak selalu bersinar di level klub.

Breel Embolo juga telah mencetak dua gol dari tiga penampilan di Piala Dunia 2022 sejauh ini. Dia merupakan ancaman besar di sepertiga akhir lapangan jika Portugal lengah.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Swiss Sering Menyulitkan Portugal

Timnas Swiss vs Timnas Portugal

Swiss dan Portugal tercatat telah bertemu 25 kali di semua ajang. Namun, Swiss lebih unggul dengan memenangkan 11 laga selagi Selecao das Quinas baru memenangkan sembilan laga.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pertemuan terakhir di antara kedua tim pada Juni lalu berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Swiss. Namun, perlu dicatat bahwa Portugal menang telak 4-0 di kandang pada pertemuan sebelumnya di UEFA Nations League juga.

2. Organisasi Pertahanan Swiss yang Bagus

Timnas Swiss

Swiss dikenal sebagai tim yang tangguh dalam bertahan. Kualitas tersebut terlihat dalam dua laga perdana di fase grup Piala Dunia 2022 kontra Kamerun dan Brasil, ketika mereka hanya kebobolan satu gol.

Swiss mencatat clean sheet kontra Kamerun dan baru kebobolan di menit-menit akhir versus Brasil. Meski dibobol Serbia dua kali, namun mereka punya kapabilitas pertahanan yang sangat mungkin merepotkan Portugal.

1. Performa Buruk Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Tidak bisa disangkal bahwa performa Cristiano Ronaldo memang sedang buruk pada musim ini. Dia mungkin adalah seorang megabintang, namun performanya di Piala Dunia 2022 sejauh ini jauh dari meyakinkan.

Ronaldo tidak pernah mencetak gol selain penalti dalam enam pertandingan terakir. Pemain yang baru saja diputus kontraknya oleh Manchester United itu juga tercatat membuang enam peluang emas dalam periode yang sama.

Portugal punya beberapa pemain bintang lain yang bisa menjadi pembeda, seperti Bruno Fernandes, Rafael Leao, Bernardo Silva, dan Joao Felix. Namun, jika Ronaldo tidak menurunkan egonya dan membiarkan rekan-rekan setimnya bersinar, itu bisa menjadi bumerang untuk Portugal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini