Share

Demi Penuhi Janji Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan, Arema FC Bertekad Bangkit di Lanjutan Liga 1 2022-2023

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 49 2721795 demi-penuhi-janji-keluarga-korban-tragedi-kanjuruhan-arema-fc-bertekad-bangkit-di-lanjutan-liga-1-2022-2023-aZQYfVLAlj.jpg Arema FC bertekad untuk bangkit di lanjutan Liga 1 2022-2023 (Foto: Instagram/aremafcofficial)

AREMA FC memiliki tekad untuk bangkit setelah tragedi Kanjuruhan dan hasil minor di pertandingan sebelumnya. Singo Edan -julukan Arema FC- wajib meraih kemenangan agar bisa memulihkan mental para pemain dan keluarga korban tragedi mengerikan yang terjadi pada awal Oktober lalu.

Sebelum menjalani pertandingan kontra Dewa United, Javier Roca selaku pelatih Arema FC mengatakan total ada 28 pemain yang akan dibawa dalam laga lanjutan Liga 1 2022-2023. Liga 1 2022-2023 sendiri diketahui menggunakan sistem bubble di Jawa Tengah.

Arema FC

Sementara itu, laga antara Arema FC kontra Dewa United akan tersaji di Stadion Manahan, Solo pada Rabu (7/12/2022) sore WIB. Pertandingan tersebut merupakan laga pekan ke-12 yang sempat ditunda sebelumnya.

"Paling tidak semua pemain siap untuk besok tampil, karena seperti saya bilang kepada pemain ini sekarang butuh tenaga dari semua pemain. Dari yang paling tua sampai paling muda, dari yang paling banyak main sampai yang belum pernah main," ucap Javier Roca saat konferensi pers secara daring pada Selasa siang (6/12/2022).

Pertandingan besok juga disebut pelatih asal Cile jadi ujian sesungguhnya pasca tragedi Kanjuruhan. Pasalnya serangkaian trauma healing pada psikis pemain dan staf yang terguncang telah dilakukan. Bahkan beberapa kali uji coba pertandingan juga telah dilakukan Arema FC, saat kompetisi terhenti.

"Saya juga mau tahu besok nilainya seperti apa, mental dan psikologis pemain dalam konteks kompetisi, tapi saya percaya pemain semua profesional mereka pemain lama, dan saya pastikan besok ada motivasi ekstra. Semoga mental itu tidak akan terganggu dalam pertandingan besok," terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Pelatih berusia 45 tahun ini berharap penampilan maksimal di lanjutan Liga 1 2022-2023 membuat keluarga korban tragedi Kanjuruhan bisa sedikit melupakan luka itu. Apalagi timnya telah bertekad dan berjanji kepada para keluarga korban saat berkunjung ke rumah duka masing-masing.

Javier Roca

"Kita mau kasih yang terbaik untuk Arema, kasih yang terbaik untuk keluarga korban seperti kita janji waktu kita ke rumah duka. Jadi paling nggak kita nggak bisa memaksa, paling nggak kalau yang mau support kita silakan, kita tetap butuh Aremania aremanita yang selama ini membesarkan klub Arema sampai besar seperti ini," jelasnya.

Di sisi lain pemain tengah Arema FC Adam Alis menuturkan, kembali bergulirnya kompetisi liga pasca dua bulan terhenti akibat tragedi Kanjuruhan membuatnya senang. Dirinya bertekad memaksimalkan sisa enam pertandingan di putaran pertama.

"Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar di sisa ini, hanya enam pertandingan. Mudah-mudahan itu aja penting udah bisa berjalan dulu kita sudah senang sebagai pemain," kata Adam Alis.

"Alhamdulillah saya sebagai pemain senang bisa bergulir lagi, karena sudah lama juga berhenti, yang pasti dari pemain merasakan senang," tandasnya.

Laga lanjutan Liga 1 2022-2023 kembali diizinkan digelar usai pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengumumkan kepastian lanjutannya pada Senin (5/12/2022) sore. Pertandingan dilakukan dengan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta, tanpa dihadiri penonton.

Hal ini buntut kericuhan yang berujung hilangnya nyawa 135 orang akibat terkena tembakan gas air mata hingga terinjak-injak oleh sesama penonton lainnya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Sabtu malam (1/10/2022).

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini