Share

Bersua Timnas Kroasia di 16 Besar Piala Dunia 2022, Jepang Punya Kans Melaju ke Perempatfinal Lebih Besar

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 05 Desember 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 51 2720691 bersua-timnas-kroasia-di-16-besar-piala-dunia-2022-jepang-punya-kans-melaju-ke-perempatfinal-lebih-besar-0mDZ5fGddM.JPG Timnas Jepang usai mengalahkan Spanyol di Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

PENGAMAT sekaligus komentator sepakbola, Gita Suwondo menyebut Timnas Jepang memiliki peluang untuk lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2022 lebih besar ketimbang pada edisi sebelumnya. Menurutnya, Samurai Biru -julukan Jepang- tidak boleh mengulangi kesalahan ketika melawan Kosta Rika.

Ya, Jepang mendapati lawan cukup tangguh pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka bakal melakoni laga kontra finalis Piala Dunia 2018 yakni Kroasia.

Jepang

Pertandingan tersebut bakal tersaji di Al Janoub Stadium, Qatar pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB. Tentunya, kemenangan wajib diraih bagi kedua tim untuk bisa memastikan tempat di babak perempatfinal.

Menurut Gita Suwondo, kualitas pertahanan Jepang saat ini sangatlah mengejutkan. Sebab, skuad asuhan Hajime Moriyasu itu mampu menahan gempuran-gempuran Jerman dan Spanyol pada fase grup lalu.

“Selama ini yang sangat mengejutkan lini belakang Jepang yang bisa menahan serangan-serangan Jerman dan Spanyol yang punya striker-striker bagus,” tutur Gita Suwondo dalam segmen Special Dialogue Okezone.

Ia juga tak yakin jika Kroasia mampu menembus pertahanan jepang dengan mudah pada laga nanti. Jepang sendiri juga menurutnya memiliki peluang lolos ke perempatfinal lebih besar ketimbang Piala Dunia 2018 lalu kala berhadapan dengan Belgia.

Follow Berita Okezone di Google News

“Nggak yakin juga bahwa Kroasia bakal mudah menjebol Jepang. Tapi balik lagi, ini Jepang naif lagi gak, kalau naif lagi kaya lawan Kosta Rika ya sudah, tapi kalau peluang Jepang melaju ke perempatfinal besar pada Piala Dunia kali ini, lebih besar pada saat harus menghadapi Belgia pada empat tahun lalu,” lanjut Gita Suwondo.

Jepang

Selain itu, Gita Suwondo juga melihat skuad Kroasia saat ini sudah uzur. Mereka bahkan tidak lagi memiliki penyerang mumpuni seperti Mario Mandzukic.

“Pemain-pemain seperti Luka Modric dan Ivan Perisic juga sudah uzur, tapi harus diakui Modric itu adalah sosok penting di Real Madrid, Real Madrid itu kan banyak dibantu kontribusinya sampai saat ini, kalau mereka imbang lawan Maroko orang bilang itu kejutan, itu bukan kejutan sama sekali. Tapi, mereka bangkit di dua pertandingan berikutnya, yang harus digaris bawahi adalah lini depan mereka yang nggak punya Mario Mandzukic lagi,” tutup Gita Suwondo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini