Share

Timnas Jepang Tampil Mengejutkan di Piala Dunia 2022, Hal Ini Disebut Jadi Faktor Paling Berpengaruh!

Hakiki Tertiari , Okezone · Senin 05 Desember 2022 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 51 2720589 timnas-jepang-tampil-mengejutkan-di-piala-dunia-2022-hal-ini-disebut-jadi-faktor-utamanya-TmUA2tLjga.JPG Timnas Jepang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

TIMNAS Jepang tampil mengejutkan selama perhelatan Piala Dunia 2022. Bagaimana tidak, tim berjuluk Samurai Biru itu mampu melangkah ke babak 16 besar, setelah menjadi juara Grup E Piala Dunia 2022.

Capaian itu sangat memantik perhatian publik, termasuk pengamat sepakbola Tanah Air, Gita Suwondo. Pasalnya, Jepang keluar sebagai grup setelah melewati rintangan dari grup neraka di Piala Dunia 2022.

Jepang

Sebagai catatan, Jepang ada di Grup E bersama tiga tim kuat. Mereka adalah Timnas Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika.

Selama berjibaku di Grup E, Jepang tampil di luar dugaan. Mulanya, Samurai Biru diragukan bisa bersaing, bahkan tak sedikit yang memprediksi mereka bakal finis sebagai juru kunci.

Namun, alih-alih menciut, mereka tampil perkasa. Bahkan, Jepang mampu mengandaskan dua raksasa Eropa, yaitu Jerman dengan skor 2-1 di laga pembuka Grup E, pada Rabu 23 November 2022.

Bukan hanya menang, Jepang bisa mengembalikan kedudukan usai tertinggal satu gol via penalti Ikay Gundogan di menit ke-33. Adalah Ritsu Doan (75’) dan Takuma Asano (83’), yang membuat Jepang berbalik unggul 2-1.

Sayangnya, tren positif itu sempat terputus. Mereka kandas dari Kosta Rika di matchday kedua Grup E.

Namun, semangat juang Samurai Biru tak padam. Di laga penentu Grup E, Jepang sukses membungkam Spanyol dengan skor 2-1! Bahkan, mereka mampu mengulangi hal sama seperti melwan Jerman.

Tertinggal satu gol via Alvaro Morata (11’), Jepang berbalik unggul 2-1 via Ritsu Doan (48’) dan Ao Tanaka (51’). Kemenangan itu membuat Jepang memastikan satu tiket ke 16 besar dengan status juara Grup E.

Baca Juga: Kesehatan Prima sebagai kunci menyambut tahun kelinci

Follow Berita Okezone di Google News

Pencapaian itu tentu memicu perhatian publik. Gita Suwondo pun kagum dengan kiprah Jepang di Piala Dunia 2022.

Ia pun melihat keberhasilan Jepang ini merupakan investasi jangka panjang Federasi Sepakbola Jepang (JPFA) untuk Timnas Jepang. Menurutnya keberlangsungan kompetisi Liga Jepang (J-League) yang sehat, jadi faktor utama keberhasilan mereka di Piala Dunia 2022.

Jepang

Selain itu, mereka tak sungkan menjual pemainnya ke klub asing, salah satunya Jerman. Dari situ, siklus perkembangan Timnas Jepang mulai terasa.

β€œYang harus diakui faktor J-League, pemain-pemain kelahiran J-League itu gak cuma bagus di J-League saja, tapi juga jadi aset untuk dijual ke klub-klub asing. Kemudian, mereka juga berani menjual pemain mereka ke klub asing terutama ke Bundesliga (Liga Jerman), gak heran kalau mereka bisa ngalahin Jerman,” ucap Gita Suwondo dalam program Special Dialogue Okezone.

Jepang

Selain itu, menurut Gita, faktor pembibitan yang konsisten juga memengaruhi perkembangan kualitas Timnas Jepang di Piala Dunia 2022. Di samping pemainnya juga bisa punya daya juang yang besar untuk membela negara.

β€œJadi artinya tim ini bukan hanya diisi pemain-pemain di J-League tapi juga main di Eropa, ada yang klub besar, ada yang nasibnya di klub-klub kecil, tapi setidaknya ini gambaran yang membuat Jepang maju,” ucapnya.

β€œTerus kalau kita kilas balik ke tahun lalu, ketika mereka jadi tuan rumah Olimpiade, itu kan Maya Yoshida jadi kapten tim sampai semifinal Olimpiade. Ya, walaupun gagal dapat medali, artinya Jepang bisa sangat menakutkan selama mereka niat, dan itu terbukti,” cuapnya.

Sementara itu, Jepang bakal melakoni babak 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Kroasia. Adapun laga itu tersaji Senin (5/12/2022) malam nanti pukul 22.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini