Share

Hasil Timnas Belanda vs Amerika Serikat di 16 Besar Piala Dunia 2022: Menang 3-1, Der Oranje Lolos ke Perempatfinal

Rio Eristiawan, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 23:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 51 2720094 hasil-timnas-belanda-vs-amerika-serikat-di-16-besar-piala-dunia-2022-menang-3-1-der-oranje-lolos-ke-perempatfinal-JlTTqT72Nv.JPG Selebrasi Denzel Dumfries usai cetak gol di laga Belanda vs Amerika Serikat. (Foto: Reuters)

DOHA – Kemenangan baru saja diraih Tim Nasional (Timnas) Belanda atas Amerika Serikat (AS) di babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Der Oranje tepatnya menang dengan skor meyakinkan 3-1 dan berhak lolos ke babak perempatfinal.

Kemenangan Belanda sendiri diciptakan oleh gol dari Memphis Depay di menit ke-10, lalu Daley Blind (45+1’), dan Denzel Dumfries (81’). Sementara AS hanya bisa membalas lewat Haji Wright di menit 76.

Dengan kemenangan itu, Belanda tinggal menunggu pemenang laga Argentina vs Australia yang akan berlangsung Minggu 3 Desember 2022 pukul 02.00 WIB. Sebab pemenang di laga tersebut akan menjadi lawan Belanda di babak perempatfinal Piala Dunia 2022.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Belanda vs Amerika Serikat

Amerika Serikat menguasai jalanya pertandingan pada menit-menit awal babak pertama. Christian Pulisic hampir membawa The Yanks -julukan Timnas Amerika Serikat- unggul pada menit kedua, jia tendangnya tak diblok oleh Andries Noppert.

Christian Pulisic kembali memberikan ancaman kepada pertahan Belanda, tetapi umpan silangnya pada menit ketujuh masih bisa digagalkan oleh Nathan Ake. Namun Belanda berhasil meraih keunggulan pada menit ke-10 melalui tendangan Memphis Depay usai memanfaatkan umpan Denzel Dumfries.

Sementara pada menit ke-17 Daley Blind hampir menggandakan keunggulan Belanda, tetapi tendangan dari dalam kotak penalti masih melebar dari sasaran. Pada menit ke-21 Memphis Depay gagal memanfaatkan peluang untuk mencetak gol keduanya, setelah tendangannya masih melebar ke sisi kiri gawang Amerika Serikat.

Memasuki menit ke-30 Amerika Serikat terus memberikan tekanan, tetapi rapatnya pertahanan Belanda membuat The Yanks tak bisa mencetak gol penyeimbang. Sementara pada menit ke-42 Andries Noppert menujukan penampilan apiknya untuk menggagalkan tendangan keras Timothy Weah dari luar kotak penalti.

Asik menyerang membuat Amerika Serikat melupakan pertahan, Belanda pun berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-45+1. Umpan Denzel Dumfries berhasil diselesaikan dengan baik oleh Daley Blind untuk membawa Belanda unggul 2-0.

Follow Berita Okezone di Google News

Babak Kedua

 Timnas Belanda vs Amerika Serikat

Pada menit ke-49 Tim Ream mendapatkan peluang bagus untuk memperkecil ketertinggalan Amerika Serikat, tetapi usaha masih bisa digagalkan oleh Andries Noppert. Sementara pada menit ke-50 Memphis Depay mendapatkan peluang bagus untuk kembali mencetak gol, tetapi tendanganya di depan gawang wasih bisa dihentikan oleh Matt Turner.

Sementara pada menit ke-52 usaha Christian Pulisic untuk memperkecil ketertinggalan masih belum berhasil, setelah tendang dari luar kotak penalti dengan mudah diamankan oleh kiper Belanda. Pada menit ke-60 tendangan Memphis Depay dari luar kotak penalti masih bisa di blok oleh Matt Turner dan membuat gawang Amerika Serikat tak kembali kemasukan gol.

Pada menit ke-71 Matt Turner melakukan dua penyelamatan penting, ketika menggagalkan tendangan jarak jauh Teun Koopmeiners dan sundulan Memphis Depay. Sementara pada menit ke-74 Timothy Weah berhasil melewati Andries Noppert, tetapi tendangnya gagal berbuah gol usai Cody Gakpo berhasil menggagalkannya.

Amerika Serikat pun berhasil memperkecil ketertinggalan melalui backheel Haji Wright pada menit ke-76, setelah memanfaatkan umpan Christian Pulisic. Meski sempat mendapatkan tekanan dan kecolongan gol, tetapi Belanda berhasil memberikan respon cepat untuk kembali memperlebar keunggulan.

Umpan silang Daley Blind pada menit ke-81 sukses diselesaikan oleh Denzel Dumfries untuk membawa Belanda unggul 3-1 atas Amerika Serikat. Memasuki menit ke-88, The Oranje tampak menurunkan tempo permainan dan lebih banyak memainkan penguasaan bola.

Hingga babak kedua berakhir, Amerika Serikat tak mampu mencetak gol penyeimbang dan membuat Belanda berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-3. Hasil tersebut membuat The Oranje lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Belanda vs Amerika Serikat:

Belanda (3-5-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs de Ligt 90+3'), Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Marten de Roon (Steven Bergwijn 46'), Daley Blind, Davy Klaassen (Teun Koopmeiners 46'), Memphis Depay (Xavi Simons 83'), Cody Gakpo (Wout Weghorst 90+3').

Cadangan: Remko Pasveer, Justin Bijlow, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Steven Bergwijn, Luuk de Jong, Steven Berghuis, Noa Lang, Tyrell Malacia, Vincent Janssen, Wout Weghorst, Teun Koopmeiners, Kenneth Taylor, Xavi Simons, Jeremie Frimpong.

Pelatih: Louis van Gaal.

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest (DeAndre Yedlin 75'), Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson (Jordan Morris 90+2'), Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie (Haji Wright 65'), Timothy Weah (Brenden Aaronson 67'), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna 46'), Christian Pulisic.

Cadangan: Ethan Horvath, Sean Johnson, Giovanni Reyna, Brenden Aaronson, Luca De La Torre, Aaron Long, Jordan Morris, Cristian Roldan, Shaquell Moore, Haji Wright, Cameron Carter-Vickers, DeAndre Yedlin, Kellyn Acosta, Joe Scally.

Pelatih: Gregg Berhalter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini