Share

Sambangi TC Timnas Indonesia di Bali, Menpora Zainudin Amali Dukung Penuh Skuad Garuda di Piala AFF 2022

Dimas Khaidar, Okezone · Sabtu 03 Desember 2022 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 51 2720045 sambangi-tc-timnas-indonesia-di-bali-menpora-zainudin-amali-dukung-penuh-skuad-garuda-di-piala-aff-2022-IlZ0KIk8yB.jpg Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Bali jelang Piala AFF 2022 (Foto: PSSI)

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyambangi tempat pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali pada Sabtu (3/12/2022) sore waktu setempat. Ia memberikan semangat ke para pemain Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- yang akan tampil di Piala AFF 2022 mendatang.

Ya, Timnas Indonesia akan tampil pada ajang sepakbola se Asia Tenggara itu. Dijadwalkan, Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Menpora

Para pemain pun saat ini tengah melakukan persiapan menjelang turnamen tersebut. Mereka dikumpulkan Shin Tae-yong untuk menjalani masa pemusatan latihan di Bali.

Menpora Zainudin Amali tiba di lokasi pemusatan latihan sekitar pukul 17.00 WITA. Dari tepi lapangan, ia melihat jalannya sesi latihan Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong.

Meski demikian, Zainudin Amali tidak langsung menghampiri para pemain dan pelatih, karena dia mengaku tidak ingin mengganggu sesi latihan yang tengah berlangsung. Zainudin pun memilih meninjau pembangunan beberapa fasilitas di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, di antaranya struktur bangunan untuk tribun penonton yang berada tidak jauh dari lapangan para pemain timnas menjalani sesi latihan.

Menpora Zainudin Amali tidak sendiri saat meninjau lokasi pembangunan itu. Ia didampingi oleh beberapa staf dari PSSI dan Bali United.

Setelah berkeliling selama hampir 30 menit, Menpora pun masuk ke dalam kendaraan dan bersiap melanjutkan perjalanan. Namun, sesaat sebelum ia meninggalkan lokasi, Shin Tae-yong berjalan ke arah kendaraan yang ditumpangi Zainudin Amali.

Follow Berita Okezone di Google News

Zainudin Amali, tak lama kemudian, pun turun, menghampiri pelatih Timnas Indonesia itu dan keduanya saling berpelukan. Para pemain, yang berhenti berlatih untuk sementara membentuk formasi melingkar dan menerima sejumlah pesan dan kata-kata penyemangat dari Menpora.

Timnas Indonesia

"Oke, lanjut lagi ya (latihannya)," kata Menpora RI dikutip via ANTARA, Sabtu (3/12/2022).

Setelah menyapa para pemain, Zainudin Amali juga menyempatkan diri berfoto bersama para pemain timnas, pelatih, dan ofisial. Namun, ia tidak langsung meninggalkan lokasi.

Menpora menyempatkan diri berbincang selama kurang lebih 3 menit dengan Shin Tae-yong. Di sesi itu, STY meminta dukungan dari Menpora untuk membantu sesi pemusatan latihan timnas senior berjalan lancar. Dalam kesempatan itu, Menpora menyampaikan ke STY pihaknya mendukung penuh dan berusaha membantu seluruh kesulitan yang dihadapi sang pelatih.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan sejak Senin (28/11/2022). Mereka akan melakoni TC di dua lokasi, yaitu Training Ground Bali United, Pantai Purnama dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Untuk sesi latihan di Pantai Purnama, Sabtu (3/12/2022), para pemain terlihat melakukan pemanasan, latihan fisik, dan latihan passing bola 4-2. Sesi latihan dijadwalkan berlangsung selama 2 jam dimulai sejak pukul 16.00 WITA dan berakhir pada pukul 18.00 WITA.

Setidaknya, total ada 28 pemain timnas senior yang dipanggil STY untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali. Sejauh ini, ada 25 pemain yang telah bergabung, di antaranya Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Pratama Arhan, Andy Setyo, Edo Febriansyah, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Sandy Walsh, dan Jordi Amat.

Sementara itu, tiga pemain lainnya seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Elkan Baggot belum terlihat bergabung bersama pemain lainnya mengikuti pemusatan latihan. STY pada sesi latihan perdana 28 November lalu menyampaikan Witan dan Egy akan segera bergabung, sementara Elkan belum dapat dipastikan kehadirannya mengikuti pemusatan latihan di Bali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini