Share

Akhir Miris Generasi Emas Timnas Belgia Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719099 akhir-miris-generasi-emas-timnas-belgia-usai-tersingkir-dari-piala-dunia-2022-GA2b6q9Tj8.JPG Kevin De Bruyne gagal memberikan trofi selama masa emas generasi emas Timnas Belgia (Foto: REUTERS)

AKHIR miris generasi emas Timnas Belgia usai tersingkir dari Piala Dunia 2022. Selama hampir sedekade terakhir, Kevin De Bruyne dan kolega disebut sebagai generasi emas karena memang mereka tidak pernah memiliki sederet pemain sebagus ini sebelumnya.

The Red Devils dipastikan tersingkir setelah ditahan Kroasia tanpa gol pada Kamis 1 Desember 2022 malam WIB. Hasil itu menempatkan mereka di peringkat ketiga klasemen akhir Grup F Piala Dunia 2022, kalah satu poin dari Kroasia yang duduk di peringkat kedua.

Thibaut Courtois

Ini pun nampaknya akan turnamen terakhir generasi emas untuk berjaya. Generasi emas itu terdiri dari berbagai pemain bintang di semua lini. Dimulai dari Thibaut Courtois, yang kualitasnya tak bisa diragukan, sebagai penjaga gawang.

Kemudian, di lini belakang ada nama-nama tangguh seperti Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld hingga Thomas Meunier pernah menghuni beberapa tahun terakhir. Di lini tengah ke depan lebih mewah lagi karena terdapat Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Axel Witsel, Radja Nainggolan, Yannick Carrasco, Mousa Dembele. Dries Mertens, Marouane Fellaini, Romelu Lukaku dan masih banyak pemain lain yang tak bisa disebutkan semuanya.

Di Piala Dunia 2022 ini sendiri, hanya beberapa di antara mereka yang tersisa. Namun, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Axel Witsel, dan Yannick Carrasco tetap tidak bisa mengklaim hasil yang positif.

Para pemain ini sudah berada di bawah asuhan Roberto Martinez sejak 2016, memperkenalkan diri untuk pertama kalinya ke publik pada Piala Dunia 2014. Namun demikian, prestasi mereka hanya sebatas menjadi tim peringkat satu FIFA, tak pernah berhasil meraih trofi.

Setelah tersingkir dari fase grup Piala Dunia 2022, cukup sulit untuk melihat Kevin De Bruyne dan kolega bersaing lagi ke depannya. Kebanyakan dari mereka sudah berusia kepala tiga, bahkan beberapa di antaranya sudah pensiun.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, pada Piala Eropa 2016 lalu, The Red Devils terhenti di babak perempatfinal. Secara mengejutkan mereka dikalahkan oleh Wales dengan skor telak 1-3

Eden Hazard

Kemudian, pada gelaran Piala Dunia 2018, Belgia kembali menelan pil pahit. Mereka gugur di babak semifinal usai ditaklukkan Prancis dengan skor tipis 0-1.

Setelah itu, pada gelaran Piala Eropa 2020, Pasukan Roberto Martinez kembali angkat koper di babak perempatfinal. Mereka dihajar sang juara, Italia, dengan skor 1-2.

Tentu saja sangat disayangkan generasi emas Belgia tersebut tak mampu juara di turnamen apapun meski mereka membuktikan bisa menjadi yang nomor satu di peringkat FIFA dalam empat tahun berturut-turut. Kini, patut ditunggu bagaimana generasi selanjutnya The Red Devils: apakah mereka bisa mematahkan rekor buruk para senior atau justru bernasib sama?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini