Share

Jepang Disebut Cetak Gol Kontroversial Kontra Spanyol di Piala Dunia 2022, Begini Reaksi sang Pelatih

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719051 jepang-disebut-cetak-gol-kontroversial-kontra-spanyol-begini-reaksi-sang-pelatih-ap1ak9VrJl.JPG Gol kedua Jepang kontra Spanyol diperdebatkan (Foto: REUTERS)

JEPANG disebut cetak gol kontroversial kontra Spanyol di Piala Dunia 2022, begini reaksi sang pelatih. Juru taktik Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, mengaku mempercayai keputusan wasit yang sudah diperiksa melalui teknologi mutakhir VAR.

Samurai Biru – julukan Timnas Jepang – kembali menciptakan kejutan di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Spanyol 2-1, Jumat (2/12/22) dini hari tadi WIB. Layaknya laga kontra Jerman, Jepang kembali melakukan comeback di babak kedua usai tertinggal pada menit ke-11 akibat gol Alvaro Morata.

Alvaro Morata

Sang pemain pengganti, Ritsu Doan, menjebol gawang Unai Simon dengan tendangan cantiknya dari jarak jauh pada menit 48. Tiga menit kemudian, gol kemenangan Negeri Sakura didapat lewat sontekan Ao Tanaka.

Nah, gol Tanaka inilah yang dipenuhi kontroversi. Pasalnya, bola yang ditendang oleh Kaori Mitoma saat mengirimkan assist pada Tanaka terlihat sudah melewati garis di sebelah gawang. Bahkan, pada awalnya wasit menganulir gol tersebut.

Akan tetapi, setelah cukup lama meninjau ulang lewat tayangan VAR, wasit merubah keputusannya dan akhirnya mengesahkan gol tersebut. Moriyasu pun sepakat dengan keputusan tersebut karena menurutnya itu sudah diputuskan lewat teknologi yang hebat, yakni VAR.

"Kami hanya bermain untuk menang. Kami pikir intensitas kami terwujud sebagai sebuah gol,” kata Moriyasu dilansir dari RTE Sports, Jumat (2/12/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

"Apakah bola keluar atau tidak, ada teknologi hebat saat ini untuk (pertandingan) sepak bola besar. Jika itu benar-benar keluar, itu akan menjadi tendangan gawang, tapi keputusan wasitlah yang membuat itu masuk,” tambahnya.

Gol kontroversial Jepang

"Kami menghormati keputusan itu, tetapi kami juga bersedia untuk menerimanya dengan cara apa pun, jika itu tak jadi gol. Tapi, keputusan terakhir telah dibuat,” tuturnya.

Dengan kemenangan ini, Jepang pun lolos sebagai juara Grup E. Mereka akan menghadapi runner-up Grup F, Kroasia, di babak 16 besar dalam laga yang akan dimainkan pada Senin 5 Desember 2022 mulai pukul 22.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini