Share

8 Negara Kecil yang Mampu Kalahkan Tim Raksasa di Piala Dunia, Nomor 1 Bikin Malu Lionel Messi Cs

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2717819 8-negara-kecil-yang-mampu-kalahkan-tim-raksasa-di-piala-dunia-nomor-1-bikin-malu-lionel-messi-cs-SWJh2E5hEP.jpg 8 negara kecil yang mampu kalahkan tim raksasa di Piala Dunia. (Foto: Reuters)

8 negara kecil yang mampu kalahkan tim raksasa di Piala Dunia menarik untuk dibahas. Pasalnya, turnamen Piala Dunia memang kerap menghadirkan momen-momen menarik dan bersejarah.

Salah satunya adalah saat tim-tim raksasa yang ditumbangkan oleh pemain dari negara-negara kecil. Negara kecil yang dimaksud bukan secara geografis, melainkan soal tim unggulan.

BACA JUGA: 6 Tendangan Gol Salto ala Tsubasa di Piala Dunia, Nomor 1 Baru Dilakukan Bintang Timnas Brasil

8 Negara Kecil yang Mampu Kalahkan Tim Raksasa di Piala Dunia

8. Kamerun (Piala Dunia 1990)

Timnas Kamerun

Jauh sebelum Piala Dunia 2022, pada Piala Dunia edisi 1990, Argentina merupakan salah satu negara terkuat dalam turnamen tersebut. Terlebih, Argentina memiliki pemain megabintang, yakni Diego Maradona.

Meski demikian, Albiceleste pernah tumbang di tangan tim kecil, yakni Kamerun, pada fase grup. Dalam laga tersebut, tentu tidak ada yang menyangka Kamerun bisa mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 dari tendangan Omam-Biyik.

7. Bulgaria (Piala Dunia 1994)

Timnas Bulgaria

Piala Dunia 1994 menjadi ajang pembuktian Timnas Bulgaria yang saat itu diperkuat oleh Hristo Stoichkov. Kala itu, Timnas Bulgaria berhasil mengalagkan Jerman di perempatfinal dengan skor 2-1 lewat gol dari Hristo Stoichkov dan Yordan Letchkov.

6. Irlandia (Piala Dunia 1994)

Timnas Irlandia

Deretan tim raksasa, belum ada yang bisa mengalahkan Italia pada Piala Dunia edisi 1994. Namun, Irlandia yang saat itu dilatih oleh Jack Charlton berhasil mengalahkan Italia dengan skor 1-0. Irlandia unggul atas Italia berkat gol semata wayang dari Roy Houghton pada menit ke-12.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Senegal (Piala Dunia 2002)

Timnas Senegal

Jauh sebelum Didier Deschamps menangani Timnas Prancis, tim raksasa ini rupanya pernah dikalahkan oleh Senegal. Momen tersebut terjadi pada Piala Dunia 2002 di fase grup. Kemenangan Senegal atas Prancis dengan skor 1-0 saat itu tentu sangat mengejutkan.

4. Kosta Rika (Piala Dunia 2014)

Timnas Kosta Rika

Kosta Rika menghadapi Italia pada Piala Dunia 2014. Siapa sangka pada momen tersebut Kosta Rika yang saat itu memiliki peringkat rendah di FIFA berhasil mengalahkan raksasa Eropa Selatan ini dengan skor 1-0.

3. Korea Selatan (Piala Dunia 2018)

Timnas Korea Selatan

Piala Dunia 2018 menghadirkan momen memalukan bagi Jerman. Pasalnya, pada laga tersebut, pasukan Der Panzer tunduk oleh Timnas Korea Selatan yang saat itu dilatih oleh Shin Tae-yong.

Kala itu, gol dari Kim Yong-gwon dan Song Heung-min di injury time menjadi penyelamat Korea Selatan sekaligus mempermalukan Jerman yang pada akhirnya menjadi juru kunci.

2. Jepang (Piala Dunia 2022)

Timnas Jepang

Bagai menginjak lubang yang sama, pada turnamen Piala Dunia 2022 Jerman juga harus mengaku kalah setelah melawan negara Asia, Jepang, pada fase grup. Kekalahan Jerman pada laga ini pun menuai cibiran habis-habisan.

Pasalnya, sebelum bertanding, mereka berpose dengan menutup mulut untuk memprotes ban kapten one love yang menuai kontroversi.  Apa yang dilakukan Timnas Jerman dinilai lebih mementingkan uran di luar lapangan.

Sedangkan, tim asuhan Hajime Moriyasu tampak lebih siap. Alhasil, Timnas Jepang berhasil menumbangkan tim asuhan Hansi Flick dengan skor 2-1.

1. Arab Saudi (Piala Dunia 2022)

Timnas Arab Saudi

Sejauh ini, salah satu momen Piala Dunia 2022 yang paling diingat adalah kekalahan tim raksasa Argentina saat menghadapi Arab Saudi di fase grup. Sebelumnya, tak ada yang mengira Albiceleste yang diperkuat oleh Lionel Messi hingga Angel Di Maria akan tumbang dengan skor 2-1.

Sebelum ajang ini berlangsung, semua orang menganggap pertandingan Argentina akan berjalan mulus. Sebab, di grup C, mereka berhadapan dengan tim kecil, seperti Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia.

Namun, Arab Saudi mampu mengubah sejarah dengan mengalahkan Argentina yang sebelumnya belum terkalahkan selama 36 pertandingan terakhir.

Demikian 8 Negara Kecil yang Mampu Kalahkan Tim Raksasa di Piala Dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini