Share

Profil Aliou Cisse, Pelatih Senegal yang Pernah Bawa Singa Teranga Lolos Perempatfinal Piala Dunia 2002

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Rabu 30 November 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2717790 profil-aliou-cisse-pelatih-senegal-yang-pernah-bawa-singa-teranga-lolos-perempatfinal-piala-dunia-2002-GJIQBnFGDE.JPG Profil Aliou Cisse, pelatih Senegal yang pernah bawa Singa Teranga lolos perempatfinal Piala Dunia 2002. (Foto: Reuters)

PROFIL Aliou Cisse, pelatih Senegal yang pernah bawa Singa Teranga lolos perempatfinal Piala Dunia 2002 akan dibahas Okezone di artikel ini. Nama Cisse saat ini kembali terdengar usai dirinya berhasil mengantarkan Timnas Senegal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Cisse tercatat sudah melatih Timnas Senegal sejak 2015. Dalam kurun waktu tersebut, Cisse mampu memberikan hasil yang terbaik untuk tim berjuluk Singa Teranga itu.

Seperti halnya Cisse berhasil mengantarkan Senegal lolos ke putaran final Pial Dunia 2018. Bagi Senegal, itu adalah penampilan kedua mereka di ajang Piala Dunia setelah terakhir kali tampil di 2002 yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang.

Aliou Cisse

Dengan dilatih Cisse, Senegal pun sukses meraih gelar Piala Afrika pertama mereka di edisi 2021. Tangan dingin Cisse memperlihatkan betapa berkembangnya Senegal menjadi salah satu wakil Afrika yang dapat berbicara banyak di kancah dunia.

Terbaru, Cisse sukses membawa Senegal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Tergabung di Grup A, Senegal menghadapi Belanda, Ekuador, dan tim tuan rumah Qatar.

Senegal yang sukses meraih kemenangan saat melawan Qatar dan Ekuador serta kalah dari Belanda pun lolos ke 16 besar dengan status runner-up. Penampilan Senegal yang begitu menjanjikan di fase grup membuat banyak pihak penasaran bagaimana kelanjutan pasukan Cisse itu di Piala Dunia 2022 Qatar.

Bagi Cisse sendiri, mampu membawa Senegal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 jelas amat spesial. Sebab dulunya kala ia masih bermain sebagai pesepakbola profesional, ia pun sukses membantu Senegal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2002.

Follow Berita Okezone di Google News

Jadi, Cisse bisa dikatakan tampil luar biasa, baik ketika menjadi pemain maupun pelatih bersama Senegal. Pada Piala Dunia 2002 itu padahal Senegal adalah negara debutan yang tampil di turnamen sepakbola empat tahunan tersebut.

Meski baru tampil perdana di Piala Dunia, Cisse dan kawan-kawan mampu bersinar. Bahkan Singa Teranga mampu lolos perempatfinal usai mengalahkan Swedia 2-1 di 16 besar.

Aliou Cisse

Sayang perjalanan indah itu harus terhenti di perempatfinal Piala Dunia 2002 usai Senegal tumbang dari Turki dengan skor 0-1. Kendati demikian, perjalanan Senegal di Piala Dunia 2002 akan selalu menjadi kenangan indah untuk negara tersebut.

Kini, Cisse jelas ingin meraih hasil yang lebih baik bersama Senegal di Piala Dunia 2022. Dengan statusnya yang kini menjadi pelatih, Cisse akan berharap Senegal bisa melaju lebih jauh dari sekadar perempatfinal.

Berikut Profil Aliou Cisse

Nama: Aliou Cisse

Tempat Lahir: Ziguinchor, Senegal

Tanggal Lahir: 24 Maret 1976

Warga Negara: Senegal

Pensiun sebagai pesepakbola: 1 Juli 2009

Karier: Pelatih Timnas Senegal (sejak 2015)

Formasi Favorit: 4-3-3

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini