Share

Timnas Belgia Kalah 0-2 dari Maroko di Piala Dunia 2022, Suporter Buat Kerusuhan di Brussel

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Senin 28 November 2022 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 51 2715941 timnas-belgia-kalah-0-2-dari-maroko-di-piala-dunia-2022-suporter-buat-kerusuhan-di-brussel-DAyurfwqN9.JPG Kerusuhan terjadi di pusat kota Brussel usai Belgia kalah 0-2 dari Maroko di Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

BRUSSEL –Tim Nasional (Timnas) Belgia menelan kekalahan memalukan dengan skor 0-2 dari Maroko di laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022. Dampak kekalahan tersebut, terjadi kerusuhan di ibu kota Belgia, yakni Brussel sesaat pertandingan Belgia vs Maroko itu berakhir.

Pertandingan Belgia vs Maroko berlangsung di Stadion Al Thumama, Qatar pada Minggu 27 November 2022. The Red Devils –julukan Timnas Belgia– awalnya amat diunggulkan, namun secara mengejutkan mereka justru tumbang 0-2 dari Maroko.

Dengan kekalahan memalukan itu, Belgia pun kini bertengger di peringkat ketiga pada klasemen sementara Grup F Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Belgia tertinggal satu angka dengan Maroko dan Kroasia yang berada di posisi dua besar.

Kerusuhan pecah di Brussel usai laga Belgia vs Maroko (Reuters)

Kekalahan Belgia dari Maroko ternyata memantik kerusuhan di Brussel. Dikabarkan ada puluhan orang yang membuat kerusuhan sampai pihak kepolisian Brussel harus turun tangan.

Bahkan polisi menutup sebagian pusat kota Brussel, mengerahkan meriam air, dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa setelah kerusuhan terjadi di ibu kota Belgia tersebut. Dalam kerusuhan itu, sejumlah fans melakukan pengrusakkan seperti menjungkirbalikkan dan membakar mobil, membakar skuter listrik ,dan melempari mobil dengan batu bata.

Akibat insiden itu, Walikota Brussel, Philippe Close mendesak orang-orang untuk menjauh dari pusat kota dan mengatakan pihak berwenang melakukan yang terbaik untuk menjaga ketertiban di jalan-jalan. Bahkan lalu lintas kereta bawah tanah dan trem harus terganggu akibat kerusuhan itu.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saya mengutuk keras insiden sore ini. Polisi sudah tegas turun tangan. Karena itu, saya menyarankan agar para penggemar tidak datang ke pusat kota,” bunyi cuitan Philippe Close, mengutip dari Al Jazeera, Senin (28/11/2022).

“Polisi melakukan semua yang mereka bisa untuk menjaga ketertiban umum. Saya telah memerintahkan polisi untuk menangkap para pembuat onar,” tambahnya.

Kerusuhan pecah di Brussel usai laga Belgia vs Maroko (Reuters)

Terlepas dari insiden itu, Belgia masih memiliki harapan untuk lolos ke 16 besar. Pada laga pamungkas Grup E nanti, Thibaut Courtos Cs akan melawan Kroasia di Stadion Ahmed bin Ali pada Kamis 1 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini