Share

Exclusive dari Qatar: Lionel Messi Duta Pariwisata Arab Saudi, La Pulga Biang Kerok Utama Kekalahan Timnas Argentina?

Abdul Haris, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 51 2714992 exclusive-dari-qatar-lionel-messi-duta-pariwisata-arab-saudi-la-pulga-biang-kerok-utama-kekalahan-timnas-argentina-agrB0Q9qcf.jpg Lionel Messi santer dibicarakan soal kekalahan Timnas Argentina dari Arab Saudi (Foto: Reuters)

KEKALAHAN Timnas Argentina dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022, masih hangat diperbincangkan. Pasalnya, kekalahan itu sangat memalukan bagi publik Argentina, mengingat La Albiceleste (julukan Timnas Argentina) merupakan favorit juara Piala Dunia 2022.

Selasa 22 November 2022, Lusail Iconic Stadium menjadi saksi sejarah kekalahan 1-2 Argentina dari Arab Saudi. Hasil tersebut mengguncang dunia, karena Argentina datang sebagai favorit juara.

Lionel Messi

Di awal laga, La Albiceleste unggul cepat lewat eksekusi penalti Lionel Messi pada menit kesepuluh. Namun, Arab Saudi sukses comeback di babak kedua lewat dua gol Saleh Al-Shehri (48), dan Saleem Al-Dawsari (53).

Menyusul kekalahan tersebut, belakangan muncul pertanyaan besar. Apakah hasil tersebut ada hubungannya dengan status Lionel Messi sebagai duta pariwisata Arab Saudi?

Sebab, hasil itu juga menghentikan rekor 36 laga tak terkalahkan milik Timnas Argentina. Sebelumnya kekalahan terakhir Argentina terjadi pada 2019 pada semifinal Copa America 2019 dari Brasil dengan skor 0-2.

Beberapa hari setelah hasil mengejutkan itu, di Qatar ada saja yang mengaitkan kekalahan tersebut dengan status Lionel Messi sebagai brand ambassador Saudi Tourim Authority (STA).

Kesepakatan kapten Timnas Argentina itu dengan Otoritas Pariwisata Arab Saudi tersebut terjadi jauh sebelum Piala Dunia 2022 dimulai. Tepatnya pada Mei 2022 silam.

La Pulga (julukan Lionel Messi) bersedia menjabat posisi tersebut. Kabarnya megabintang Paris Saint-Germain (PSG) itu menerima USD20 juta (Rp313,6 miliar),

Lionel Messi

Sebelum kesepakatan terjadi, sebenarnya muncul seruan dari organisasi hak asasi manusia Grant Liberty. Mereka menyerukan agar Lionel Messi tidak menjadi mitra Arab Saudi.

Namun, pemain 34 tahun itu menampiknya. Ia tetap menandatangani kesepakatan dengan negara kaya minyak itu.

Sampai saat ini, belum bisa dipastikan apaah ada kaitan hal itu dengan Lionel Messi. Sebab, baik Lionel Messi maupun Timnas Argentina tak buka suara mengenai hal itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini