Share

Sembunyikan Ban Kapten di Laga Timnas Jerman vs Jepang, Manuel Neuer Kena Tegur Hakim Garis

Rio Eristiawan, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 23:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 51 2713621 sembunyikan-ban-kapten-di-laga-timnas-jerman-vs-jepang-manuel-neuer-kena-tegur-hakim-garis-gptIFg7xmb.JPG Sebelum laga Jerman vs Jepang dimulai, Manuel Neuer ditegur hakim garis karena menyembunyikan ban kapten. (Foto: Reuters)

DOHA - Kapten Tim Nasional (Timnas) Jerman, Manuel Neuer sempat ditegur hakim garis, Zachari Zeegelaar saat jelang laga melawan Jepang di babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Neuer ditegur karena menyembunyikan ban kapten One Love berwarna hitam.

Neuer sendiri sengaja menyembunyikan ban kapten tersebut sebagai bentuk protes karena larangan tak boleh menggunakan ban kapten One Love pelangi. Sebelumnya FIFA sudah melarang pemakaian atribut Pelangi yang merupakan kampanye untuk mendukung LGBTQ+ di Qatar.

Pertandingan Jerman vs Jepang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar pada Rabu (23/11/2022) malam WIB. Pada laga tersebut, Jerman menelan kekalahan 1-2 dari Jepang.

Die Mannschaft -julukan Timnas Jerman- sempat unggul terlebih dahulu melalui Ilkay Gundogan (33'). Namun Samurai Biru -julukan Timnas Jepang- berhasil membalas dua gol melalui Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83').

Manuel Neuer di laga Jerman vs Jepang

Melansir dari The Sun, Rabu (23/11/2022), sebelum laga dimulai, Zeegelaar sempat memeriksa ban kaper Neuer. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kapten Timnas Jerman itu tak mengenakan ban kapten One Love.

Pasalnya, ban kapten One Love digunakan sebagai bentuk dukungan dan persatuan untuk komunitas LGBTQ+. Terdapat tujuh negaranya yang ngotot ingin mengenakan ban kapten LGBTQ+, mereka adalah Inggris, Wales, Belgia, Belanda, Swiss, Denmark dan Jerman.

Neuer terlihat mengenakan ban kapten One Love tidak berwarna pelangi, tetapi warna hitam. Namun Zeegelaar tetap memeriksa ban kapten Neuer sebelum laga dimulai.

Sebelumnya, FIFA membuat keputusan untuk melarang setiap tim yang tampil di Piala Dunia 2022 menggunakan ban kapten One Love pelangi. Bahkan, FIFA mengancam bakal memberikan kartu kuning ataupun skorsing satu pertandingan kepada kapten yang menggunakan One Love.

Pada akhirnya, negara-negara tersebut tak memakai ban kapten One Love Pelangi. Jerman memakai ban kapten One Love, namun dengan warna hitam yang tentunya tak melanggar aturan dari FIFA tersebut.

Kendati demikian, Timnas Jerman tetap tak merasa senang. Mereka bahkan melakukan protes sebelum pertandingan dimulai, di mana Jamal Musiala dan kawan-kawan berfoto dengan tangan kanan menutup mulut.

Timnas Jerman melalui akun resminya menjelaskan arti pose foto sebelum laga menghadapi Jepang. Mereka mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai protes atas hak asasi manusia yang dibungkam.

Manuel Neuer ditegur karena sembunyikan ban kapten

"Dengan ban kapten (One Love) kami ingin memberi contoh nilai-nilai yang kami jalani di tim nasional: keragaman dan saling menghormati. Bersuara lantang bersama bangsa lain. Ini bukan tentang pesan politik, hak asasi manusia tidak bisa dinegosiasikan," tulis Timnas Jerman dilansir dari twitter resmi DFB_Team.

"Itu tidak perlu dikatakan lagi. Tapi sayangnya masih belum. Itulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami. Melarang kami dari ban kapten One Love itu seperti melarang mulut kami," tutup pernyataan Timnas Jerman tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini