Share

4 Prestasi Sensasional Herve Renard, Pelatih Timnas Arab Saudi yang Kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022

Hakiki Tertiari , Okezone · Selasa 22 November 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712812 4-prestasi-sensasional-herve-renard-pelatih-timnas-arab-saudi-yang-kalahkan-argentina-2-1-di-piala-dunia-2022-eerwABjt4o.JPG Herve Renard, pelatih Arab Saudi yang menyita perhatian publik usai menang atas Argentina di Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

ADA 4 prestasi sensasional Herve Renard, pelatih Timnas Arab Saudi yang kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022. Kejutan terjadi di laga perdana Grup C Piala Dunia 2022, sore tadi Selasa (22/11/2022).

Salah satu tim favorit juara Piala Dunia tahun ini, Timnas Argentina di luar dugaan harus menelan pil pahit di laga perdananya. Lionel Messi dkk dipaksa menyerah 1-2 dari Arab Saudi.

Argentina vs Arab Saudi

Hebatnya lagi The Green Falcons (julukan Timnas Arab Saudi) berhasil menang usai tertinggal lebih dulu dari Argentina. La Albiceleste (julukan Timnas Argentina) unggul lebih dulu lewat penalti Lionel Messi di menit ke-10.

Keunggulan itu pun bertahan sampai akhir babak pertama. Akan tetapi, taktik jitu Herve Renard, membuat Arab Saudi bangkit dari ketertinggalan.

Adalah Aleh Alshehri, salah seorang pemain Arab Saudi yang sukses membobol gawang Argentina di menit ke-48. Tak hanya sampai di situ saja, memasuki menit ke-53, giliran Salem Aldawsari yang mampu menjebol gawang Damian Martinez untuk membawa timnya unggul.

Keunggulan Arab Saudi pun bertahan sampai akhir laga. Dengan hasil itu, Arab Saudi saat ini memimpin klasemen sementara Grup C dengan koleksi 3 poin, unggul dari Meksiko, Polandia, dan Argentina sebagai juru kunci.

Di balik kemenangan itu, ada taktik jitu seorang Herve Renard. Ya, pelatih berkebangsaan Prancis itu tampak memberikan instruksi kepada anak buahnya untuk menerapkan pressing kepada Lionel Messi dkk.

Benar saja, Arab Saudi mampu tampil ciamik sore tadi. Namun sebenarnya, siapa sosok Herve Renard?

Dilansir dari akun Twitter Ahmath Sadique, Herve Renard ternyata dikenal memiliki tangan dingin dalam membesut sebuah tim. Sebelum membawa Arab Saudi menang atas Argentina, pelatih 54 tahun ini punya 4 prestasi sensasional di timnya terdahulu.

Argentina vs Arab Saudi

Pertama, diketahui eks manajer LOSC Lille ini berhasil membawa Zambia menjuarai Piala Afrika pada 2012 silam. Padahal ketika itu Zambia bukan termasuk tim unggulan di benua Afrika.

Hanya saja, mereka berhasil mengalahkan Pantai Gading di partai final. Setelah bermain 0-0 di waktu normal dan perpanjangan, Zambia menang 8-7 lewat adu penalti.

Kemudian, berselang tiga tahun, Herve Renard kembali juara di tanah Afrika. Kali ini Pantai Gading, yang dibawa juara usai menang 9-8 atas Ghana di partai puncak Piala Afrika 2015.

Tangan dingin Herve Renard ternyata berlanjut. Masih memegang tim asal Afrika, kali ini Maroko yang berhasil dibawanya melenggang ke Piala Dunia 2018, untuk kali pertama sejak 20 tahun terakhir.

Serta keempat, saat di Arab Saudi. Memegang kendali di Arab Saudi sejak 2019, Herve Renard ternyata mampu memberi kesan manis di laga perdana Grup C Piala Dunia 2022.

Kemenangan 2-1 atas Argentina sangat berharga bagi Arab Saudi. Pasalnya, mereka berhasil mematahkan rekor 36 kemenangan Lionel Messi dkk, yang tak terkalahkan dalam beberapa waktu terakhir.

Lantas, bagaimana nasib Arab Saudi selanjutnya, sanggup buat kejutan lagi? Tentu menarik ditunggu kiprah mereka di Piala Dunia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini