Share

Kisah Sergio van Dijk, Eks Timnas dan Persib yang Jadi Agen Pemain Keturunan

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 24 Oktober 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 49 2693597 kisah-sergio-van-dijk-eks-timnas-dan-persib-yang-jadi-agen-pemain-keturunan-D1Azinyo65.jpg Kisah Sergio van Dijk, eks Timnas dan Persib yang kini jadi agen pemain keturunan (Foto: Instagram/serginhovandijk)

KISAH Sergio van Dijk eks Timnas dan Persib yang jadi agen pemain keturunan menarik untuk dibahas. Nama Sergio van Dijk sudah lama tidak terdengar namun ternyata dia masih berkecimpung di dunia sepakbola.

Pemain naturalisasi yang pernah membela Timnas Indonesia ini telah pensiun dan memutuskan untuk berkarier di dunia pencarian bakat. Sergio yang saat ini berusia 40 tahun bergabung bersama Tevreden Group untuk menjaring bibit muda pemain sepakbola.

Sergio Van Dijk

Bagaimana kisahnya? Simak kisah Sergio van Dijk, eks Timnas dan Persib yang jadi agen pemain keturunan.

Kisah Sergio van Dijk, Eks Timnas dan Persib yang Jadi Agen Pemain Keturunan

Van Dijk merupakan pemain keturunan Indonesia yang mengawali kariernya di klub local Belanda, LTC Assen. Ia kemudian direkrut Akademi FC Groningen dan di musim 2000-2001 berhasil mencatatkan dua pertandingan dengan satu gol di laga Eerste Divisie alias kasta kedua Liga Belanda. Dari laga tersebut, pria yang lahir pada 8 Agustus 1982 ini mendapatkan promosi ke Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda.

Sayangnya, karier Sergio van Dijk di Belanda tak semulus bayangannya. Ia kemudian memilih untuk bermain di luar negeri, tepatnya di Australia. Bermula menjadi pemain Brisbane Roar, lalu hijrah ke Adelaide United.

Selama kariernya di Australia, Van Dijk berhasil menorehkan hasil yang cemerlang untuk klub yang ia bela. Bahkan kualitasnya sampai terendus PSSI yang mengetahui ada pemain keturunan Indonesia di Australia.

PSSI mulai mengincar Van Dijk sejak 2010. Sayangnya, kala itu Sergio van Dijk masih belum tertarik bergabung bersama Timnas Indonesia karena ia harus dinaturalisasi dan meninggalkan paspor Belanda-nya.

Tahun 2013, setelah Adelaide United memutuskan kontrak dengannya, Van Dijk baru melirik PSSI. Sergio van Dijk melakoni debutnya dengan Timnas Indonesia di Maret 2013 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebulan sebelum debut, Van Dijk teken kontrak dengan Persib Bandung untuk berlaga di Indonesia Super League (ISL) 2013. Selama berseragam Maung Bandung – julukan Persib Bandung – Van Dijk mengemas 21 gol dan 10 assist.

 Sergio Van Dijk

Karena masalah non-teknis dan lain-lain, Van Dijk hanya bertahan setahun dengan Persib dan meninggalkan Indonesia. Ia kembali ke Persib Bandung pada 2016 namun dengan performa yang menurun.

Ia kemudian memutuskan pensiun dan menekuni profesi baru, yakni menjadi agen pemain. Sergio van Dijk tergabung bersama Tevreden Group untuk mencari insan berbakat.

Van Dijk rupanya telah merekrut sejumlah pemain keturunan Indonesia, seperti Jelte Pal, Yairo Divanti, dan Xiamaro Thenu.

Demikian kisah Sergio van Dijk, eks Timnas dan Persib yang jadi agen pemain keturunan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini