Share

Persatuan Pesepakbola Australia Kompak Beri Dukungan Moral kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

Maulana Yusuf, MNC Portal · Jum'at 07 Oktober 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 51 2682546 persatuan-pesepakbola-australia-kompak-beri-dukungan-moral-kepada-korban-tragedi-kanjuruhan-OPaEpo4PvK.jpg Persatuan pesepakbola Australia (PFA) sampaikan dukungan moral kepada para korban Kanjuruhan (Foto: Instagram/thepfa)

PERSATUAN pesepakbola Australia kompak beri dukungan moral kepada korban Tragedi Kanjuruhan. Kumpulan pemain sepakbola profesional Australia (PFA) tersebut juga menyampaikan belasungkawa terhadap insiden mematikan di Malang, Jawa Timur tersebut.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya telah menjadi perhatian dunia. Kerusuhan di malam itu berawal dari kekalahan Singo Edan –julukan Arema FC– dengan skor 2-3 di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

Arema FC vs Persebaya Surabaya

Usai pertandingan, beberapa Aremania –suporter Arema FC– merangsek ke dalam lapangan. Aparat keamanan yang bertugas langsung melakukan pengamanan kepada para Aremania itu.

Namun mereka tidak melakukan dengan cara yang indah. Aparat Keamanan justru memilih untuk melepaskan gas air mata ke arah tribun penonton, yang mana notabenenya mereka sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan penonton yang merangsek ke dalam lapangan.

Penonton yang berada di tribun pun panik, sesak nafas, sampai terinjak-injak karena berusaha untuk keluar dari stadion. Akibatnya, banyak nyawa yang tak terselamatkan karena kejadian tersebut. Awalnya polisi mengatakan sebanyak 125 orang harus kehilangan nyawa akibat insiden tersebut.

Sementara itu pada Rabu (5/10/2022), Dinas Kesehatan kabupaten malang menginformasikan sebanyak 131 orang meninggal dunia dengan diantaranya 90 orang laki-laki dan 41 perempuan. Namun, ada juga yang mengatakan korban jiwa lebih dari 131.

Terlepas dari hal itu, para pesepakbola profesional Australia mengungkapkan belasungkawa terhadap para korban di tragedi Kanjuruhan ini. Bahkan, mereka mengaku sangat terpuruk atas insiden kelam di sepakbola Indonesia itu. Selain itu, mereka juga akan turut mendukung masyarakat Malang yang terkenal dampaknya, termasuk para korban. Mereka juga akan menghentikan cipta pada pembukaan Liga Australia nanti.

"Sebagai sesama pemain sepakbola, kami sangat terpuruk dengan peristiwa tragis yang telah menimbulkan korban jiwa pada saat pertandingan sepakbola di Malang, Jawa Timur pada hari Sabtu lalu," ungkap Alex Wilkinson, pemain Sydney FC, dilansir dari akun Instagram resmi pesepakbola profesional Australia, @thepfa, Jumat (7/10/2022).

 Arema FC vs Persebaya Surabaya

"Tidak seorang pun yang pergi untuk menonton pertandingan sepak bola harus merasa tidak aman, mengalami kekerasan dan lebih parah lagi ada kemungkinan tidak akan kembali ke rumah keluarga mereka," sambung Liam Reddy, pemain Perth Glory.

"Untuk memberikan penghormatan bagi mereka yang kehilangan nyawa, kami akan mengheningkan cipta pada acara pembukaan A-League akhir pekan ini dan kami akan terus berupaya untuk mendukung masyarakat setempat yang terkena dampak dari peristiwa tragis ini," ucap Jack Higert, pemain Brisbane Roar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini